Cara Volvo Trucks Utamakan Keselamatan Pengguna Jalan

MONITOR – Volvo Trucks mengadakan even bertahuk ‘Volvo Trucks Safety Experience Day’ di Gothenborg, Swedia pada 4-5 Juli, 2017. Even tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para rekan-rekan Volvo Trucks di seluruh dunia mengenai pentingnya keselamatan sebagai dasar landasan Volvo Trucks dalam menciptakan sebuah produk.

Acara yang terpacu dari laporan keselamatan yang di ambil oleh Volvo Trucks setiap tahunnya ini memaparkan beberapa desain terbaru yang diciptakan oleh Volvo Trucks dalam teknologi truknya untuk menganitispasi kendala para pengguna jalan yang ada.

"Dalam Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017, kami menganalisis dan menjelaskan mengapa kecelakaan yang melibatkan truk terjadi, bagaimana hal itu terjadi, dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan konsekuensinya. Ini adalah fakta yang tidak hanya penting untuk pengembangan produk kita sendiri tetapi juga untuk semua orang yang bekerja untuk lingkungan lalu lintas yang lebih aman," kata Peter Wells, kepala Tim Peneliti Kecelakaan Truk Volvo.

Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017 didasarkan pada penyelidikan kecelakaan Volvo dan data dari berbagai otoritas nasional dan Eropa.

Salah satu kesimpulan laporan tersebut adalah bahwa ada kebutuhan yang lebih besar untuk berfokus pada pengurangan risiko bagi pengguna jalan yang rentan seperti pejalan kaki, pesepeda, pengendara motor dan pengendara sepeda motor.

"Dalam dekade terakhir jumlah kecelakaan jalan yang serius yang melibatkan truk-truk besar hampir separuh di Eropa. Namun, kecelakaan truk yang melibatkan pengguna jalan yang rentan belum dikurangi sampai batas yang sama, "kata Carl Johan Almqvist, Direktur Keselamatan Lalu Lintas & Produk di Truk Volvo.

Menurutnya Sekitar 35 persen orang yang menderita luka parah atau korban jiwa dalam kecelakaan yang melibatkan truk berat adalah pengguna jalan yang rentan.

Dengan meningkatnya laju urbanisasi dan dengan lebih banyak orang dan kendaraan di jalan, ada risiko cedera akan meningkat kecuali jika tindakan serius dilakukan.

"Untuk memotong tingkat kecelakaan perlu terus dikembangkan sejumlah solusi teknis yang bisa membantu pengemudi truk menghindari situasi yang berpotensi berbahaya. Selain itu, semua pengguna jalan perlu lebih sadar akan risiko yang ada di lingkungan lalu lintas dan bagaimana cara terbaik menguranginya, "jelas Carl Johan Almqvist.

Adapun untuk mengurangi risiko kecelakaan dengan kendaraan lain, truk Volvo dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan aktif. Tetapi jika terjadi kecelakaan, ini adalah bagian peralatan keselamatan yang dapat dipercaya dan terpercaya – sabuk pengamannya.

"Laporan tersebut mengungkapkan bahwa terlalu banyak pengemudi truk tidak menggunakan sabuk pengamannya meskipun kita tahu bahwa setengah dari pengemudi truk yang tidak aman yang telah meninggal dalam kecelakaan lalu lintas akan bertahan, apakah sebenernya mereka telah mengenakan sabuk pengaman mereka?" tambahnya.

Laporan Keselamatan Truk Volvo 2017 adalah laporan kedua yang diterbitkan secara eksternal dari Tim Riset Kecelakaan Volvo Trucks.

Acara yang berlangsung di Gothenborg dari tanggal 4-5 Juli ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih dalam tentang fitur keselamatan yang telah di cipatakan oleh Volvo Trucks dalam upaya mencipatkan kecelakaan di jalan raya menurun hingga 0%.

Edukasi tersebut terbagi dalam pengalaman mengemudi truk dengan kecelakaan secara simulasi menggunakan EBS ( Emergency Breaking System), Visi Volvo Trucks dan para ahli untuk safety, dan prioritas keamanan dalam Volvo Trucks sendiri.

"Memotong kecelakaan jalan adalah isu global yang sangat penting. Itulah mengapa kami ingin menciptakan truk dengan sesuai dengan keadaan yang ada sesuai riset yang dilakukan, agar mengurangi kecelakaan saat ini, "kata Peter Wells.