Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Layani Pemudik

Tiga Ruas Tol Trans Sumatera (Sumber Foto: WartaEkonomi.com)

MONITOR, Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) mengatakan, beberapa ruas jalan tol Trans Sumatera siap difungsikan untuk melancarkan arus mudik lebaran 2018.

Direktur Utama Bintang Perbowo menyatakan, rinciannya adalah jalan tol Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbanggi Besar. Terdapat sepanjang 89,6 km tol yang dapat dilintasi oleh para pemudik.

“Total panjang ruas tol ini terbagi atas 31,4 km tol operasional dan 58,2 km tol fungsional,” kata Bintang, Kamis  (7/6).

Khusus bagi pemudik lebaran tahun ini yang akan melintasi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, masih belum dikenakan biaya tol.

“Untuk ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar terdiri dari jalur tol yang telah operasional yaitu mulai dari Akses Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km dan SS Lematang menuju SS Kotabaru sepanjang 5 km,” sambungnya,

Adapun untuk jalur fungsional di tol Bakauheni-Terbanggi Besar terdiri dari SS Bakauheni menuju SS Sidomulyo sepanjang 30,5 km dan Akses Gunung Sugih ke Terbanggi Besar sepanjang 10 km.

Sementara, Direktur Jalan Tol Bambang Pramusinto, menambahkan, untuk tol Palembang-Indralaya total keseluruhan yang dapat dilalui pemudik adalah sepanjang 22 km yang terbagi atas 15 km jalur fungsional, yakni seksi Pemulutan ke SS KTM dan dari SS Pemulutan menuju Indralaya, serta 7 km jalur operasional di seksi Palembang ke Pemulutan.

“Khusus untuk seksi Palembang – Pemulutan dikenakan tarif tol 6.000 rupiah,” ujar Bambang.

Untuk di Sumatera Utara, jalan tol Medan-Binjai juga sudah siap dilalui dengan total keseluruhan sepanjang 13,2 km yang terdiri atas 2,7 km jalur fungsional di seksi 1 dari Helvetia sampai Jalan Veteran, dan 10,5 km jalur operasional pada seksi 2 Semayang ke Helvetia serta Seksi 3 Binjai ke Semayang.

“Untuk tol Semayang-Helvetia dikenakan tarif tol Rp6.000, sedangkan Binjai-Semayang biaya tol-nya sebesar Rp4.000. Bagi pemudik yang menggunakan tol dari Binjai hingga Helvetia atau sebaliknya dikenakan tarif Rp10.500,” paparnya.

Advertisementdiskusi publik wagub dki