Ribuan Warga Kota Balikpapan Antusias Ikuti Jalan Sehat-Pesta Rakyat

Ribuan Warga Kota Balikpapan Antusias Ikuti Jalan Sehat-Pesta Rakyat (dok: istimewa)

MONITOR, Balikpapan – Lebih dari 5.000 warga Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) dan sekitarnya antusias mengikuti jalan sehat dan bersih lingkungan persembahan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN). Kegiatan ini juga dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 di Kaltim.

Pada tahun ini, Kementerian BUMN menunjuk PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai koordinator utama yang didukung oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. untuk menyelenggarakan rangkaian BHUN di Kalimantan Timur. Salah satu rangkaian kegiatan BHUN 208 di Kaltim adalah Jalan Sehat.

Jalan Sehat BHUN di Kaltim dipusatkan di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kaltim. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Kepala Biro dan Hukum Kementerian BUMN Wahyu Wibowo, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto, dan Direktur Keuangan Adhi Karya Entus Asnawi M yang sekaligus mengibarkan bendera start.

Tak hanya itu, kelimanya juga turut serta berada di tengah-tengah lebih dari 5.000 warga yang mengikuti jalan sehat sepanjang 5 km tersebut.

“Tahun ini, Jasa Marga dan Adhi Karya mendapat tugas menyelenggarakan BHUN di Balikpapan. Kemarin, kami melaksanakan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang terdapat pertukaran pelajar antara siswa Kalimantan Timur dan Bali. Lalu, ada upacara 17 Agustus dan menanam pohon langka. Hari ini, kami mengadakan Jalan Sehat bersama Pak Walikota dan masyarakat Balikpapan. Ekspektasi kami 5.000 peserta. Tapi (yang ikut) jauh lebih dari itu,” kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di sela-sela acara, Sabtu (18/8).

“Saya senang Bu Menteri (BUMN) menugasi BUMN-BUMN ke berbagai daerah. Tahun ini, kami kebagian Jasa Marga dan Adhi Karya. Saya kira ini banyak manfaatnya. Kita bisa lebih dekat dengan BUMN, ada event olahraga dan lain-lain. Mudah-mudahan, tahun depan bisa lebih besar lagi,” timpal Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Selain Jalan Sehat 5 km, BHUN di Kaltim hari ini juga diisi dengan Pesta Rakyat. Pesta Rakyat ini menyediakan sejumlah doorprize elektronik dan sepeda motor, kuliner gratis hingga aneka lomba, seperti panjat pinang. Panitia juga menghadirkan live music hiburan gratis dengan menampilkan artis papan atas.

Seusai mengikuti Jalan Sehat 5 km, Kepala Biro dan Hukum Kementerian BUMN Wahyu Wibowo, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto, dan Direktur Keuangan Adhi Karya Entus Asnawi M mengikuti kegiatan Bersih Lingkungan di tepi Sungai Klandasan, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kota Balikpapan.

Pada kesempatan ini, keempatnya menyempatkan diri mengecat ulang tembok di bantaran sungai agar lebih tertata dan indah.

Kegiatan Bersih Lingkungan di Sungai Klandasan ini merupakan perwujudan Program BUMN Peduli Lingkungan dan merupakan bagian dari implementasi Program Cash for Work dengan melibatkan 300 warga setempat.