Pertamina EP Agresif Temukan Cadangan Minyak Baru

Sumur Bor Pertamina (Foto: Dok Tribun)

MONITOR, Jatibarang – PT Pertamina EP anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKKMIGAS, berhasil menemukan cadangan minyak & gas serta kondensat di area PEP Asset 3 Jatibarang Field, Jawa Barat melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju–001.

Sumur AMJ-001 terletak di Desa Bulak Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Sumur yang mulai ditajak pada tanggal 20 Maret 2018 menggunakan Rig PDSI#38.2/D1000-E, diselesaikan pada tanggal 20 Agustus 2018. Sumur tersebut dibor hingga mencapai kedalaman 2.517 meter.

Uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon baik minyak ataupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mempu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD. Sementara hasil uji produksi lainnya juga mengalirkan gas dan kondensat.

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP, Achmad Alfian Husein mengungkapkan bahwa program ini merupakan salah satu dari rencana kerja perusahaan di tahun 2018.

“Alhamdulillah segala upaya yang telah dilaksanakan sudah mulai memberikan hasil yang positif, kami meyakini bahwa dengan sinergi serta kerja keras dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian produksi nasional,” terangnya.

Sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan sekitar dan dalam rangka kegiatan pemboran AMJ-001, PEP juga melaksanakan pemberian bantuan kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja seperti bantuan sembako, pengobatan massal, dan bantuan untuk kegiatan olahraga di desa sekitar.

Penemuan ini selain menjadi angin segar bagi PT Pertamina EP, juga membuka peluang eksplorasi yang masih potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi.

PEP terus mengevaluasi struktur temuan serta memulai studi untuk mempercepat temuan ini ke tahap pengembangan.