“Masjid Cerdas” Al-Istiqomah Telkom

MONITOR, Jakarta –¬†Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Selasa sore (5/6), meresmikan Masjid Al Istiqomah, masjid dengan konsep “smart digital” yang memiliki ragam fasilitas dalam mempermudah jamaah mengetahui sejumlah kegiatan masjid, kegiatan taklim, informasi ceramah, aplikasi pembayaran infak, hingga jadwal sholat.

Seperti apa Masjid Cerdas atau “Smart Mosque” yang berada di¬†yang berada di lantai 8 Telkom Landmark Tower, Gatot Subroto, Jakarta Selatan tersebut?

Masjid Al Istiqomah berkapasitas 3.000 jamah dirancang dengan konsep “Smart Mosque” ini, memiliki desain yang senada dengan Gedung Telkom Landmark Tower, dari mulai warna, ornamen dan material dibuat in line dengan konsep Gedung Telkom Landmark Tower.

Dengan ragam fasilitas canggih, para jamaah dapat mengetahui jadwal kegiatan masjid, ceramah dan jadwal sholat serta kegiatan taklim lainnya melalui aplikasi informasi dan kegiatan masjid.

Dilengkapi juga dengan fasilitas media sharing interaktif secara online melalui video conference yang tersambung dengan TelkomGroup, memungkinkan jamaah melakukan taklim secara interaktif.

Kegiatan masjid pun juga disajikan melalui Video Blogger (Vlog) yang di upload YouTube. Apabila ada jamaah yang ketinggalan ceramah dari narasumber/ustad favorit, para jamaah masih dapat menyaksikan tayangan ceramah melalui Youtube Masjid Al Istiqomah Telkom Landmark Tower secara lengkap atau bahkan bisa live streaming di USeeTV.

Hal yang membuat masjid ini berbeda dengan masjid lainnya adalah aplikasi TCASH maupun TMONEY melalui scan QR Code yang disediakan di area masjid maupun ditempelkan di kotak amal. Informasi tentang infaq TCASH maupun TMONEY tersebut ditampilkan melalui media digital TV maupun LED.

Masjid Al Istiqamah juga dilengkapi dengan Pustaka Digital (PaDi) berisi buku fiqih, buku-buku sunah dan buku-buku lain yang berkenaan dengan agama Islam.

Agar pengunjung fokus beribadah dan merasa aman, bangunan masjid ini dipantau dengan CCTV yang beroperasi selama 24 jam nonstop.