Komitmen Pertamina Dukung Pengembangan Kota Tarakan

MONITOR, Tarakan – Senyum sumringah terpancar dari wajah Aini (9 tahun), murid SD Negeri 030 Tarakan, saat menerima paket perlengkapan sekolah dari PT Pertamina (Persero). Tak hanya peralatan sekolah, Aini dan teman-temannya hari ini juga mendapat taman bacaan baru untuk menunjang akses informasi anak-anak Kota Tarakan.

“Aini senang sekali. Tas sekolahnya bagus, Aini makin semangat pergi ke sekolah,” kata Aini dengan polosnya.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, perhatian Pertamina pada dunia pendidikan merupakan wujud program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) perseroan. “CSR merupakan komitmen akan kehadiran dan manfaat Pertamina bagi masyarakat sekitar.

Dukungan Pertamina pada pertumbuhan Kota Tarakan sudah terjalin lama. Pada kunjungan Pertamina kali ini, perseroan juga memperhatikan aspek kesehatan melalui pemberian ambulans untuk Pemerintah Kota Tarakan dan sanitasi sehat di Kelurahan Karang Anyar.

Sebagai grup Pertamina, anak perusahaan PT Pertamina EP Asset 5 yang memiliki lokasi kegiatan di wilayah Tarakan senantiasa mendukung keberlanjutan di area tersebut. Beberapa kegiatan CSR mampu memberi dampak positif terhadap lingkungan dan perkembangan masyarakat.

Diantaranya, konservasi mangrove dan pelestarian bekantan di Kota Tarakan. Saat ini kawasan mangrove telah menjadi salah satu destinasi wisata Kota Tarakan.

Selain itu, aktivitas pengolah limbah minyak goreng menjadi energi terbarukan biodiesel.

Serta Sekolah Tapal Batas di Nunukan yang telah memberi akses bagi anak-anak Indonesia di daerah perbatasan, maupun yang berada di kawasan Malaysia untuk mengecap pendidikan di negeri tercinta Indonesia.

Kunjungan Pertamina ke Tarakan, kemarin, merupakan bagian dari kegiatan peletakan batu pertama RS Pertamina Tarakan, yang dilakukan Pertamina bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Kalimantan Utara, dan Plt Walikota Tarakan. Selain itu, PT Pertamedika IHC, perusahaan BUMN, serta pihak terkait lainnya.

“Pembangunan RS baru ini bertujuan untuk turut membantu peningkatan kesehatan masyarakat,” tutup Nicke.

Advertisementdiskusi publik wagub dki