Selasa, 19 Maret, 2024

Kementerian BUMN Tinjau Laboratorium Sucofindo

MONITOR, Bekasi – Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha KBUMN, Aloysius Kiik Ro didampingi Direktur Utama, Bachder Djohan Buddin dan seluruh jajaran Direksi PT SUCOFINDO (Persero), mengunjungi Laboratorium Pusat PT SUCOFINDO (Persero) yang berlokasi di Cibitung – Jawa Barat.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau sarana Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero) diantaranya laboratorium pengujian produk komoditas pangan, pengujian produk halal, pengujian produk SNI dan jasa-jasa pengujian lainnya.

“PT SUCOFINDO (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki layanan inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi. Peran kami adalah membantu pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dan membantu pemerintah dalam pelaksanaan berbagai kebijakan dan menyediakan informasi untuk pengambilan kebijakan, serta membantu pemastian untuk perlindungan konsumen/masyarakat. Kami menyediakan Sarana Laboratorium ini adalah untuk memfasilitasi layanan jasa Pengujian, dan tentunya mendukung kegiatan inspeksi dan sertifikasi” kata Bachder dalam sambutannya.

Untuk jasa sertifikasi produk, didalam prosesnya, selain melakukan pengujian terkait produk di laboratorium berdasarkan standar tertentu, PT SUCOFINDO (Persero) juga melakukan proses audit untuk mengevaluasi proses produksinya sesuai ruang lingkup sertifikasi tersebut.

- Advertisement -

Pada kesempatan yang sama Alloy mengapresiasi kinerja PT SUCOFINDO (Persero). “Sertifikasi PT SUCOFINDO (Persero) yang telah dilakukan mampu menjaga kualitas produk Indonesia. Selain layanan laboratorium, standarisasi yang dilakukan oleh PT SUCOFINDO (Persero) juga meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan proses bisnis. Kegiatan audit manajemen mutu misalnya, yang dapat diterapkan pada BUMN di Indonesia” ujar Aloy dalam arahannya.

Rombongan Kementerian BUMN juga melakukan kunjungan pada ruangan laboratorium untuk melihat langsung pengerjaan sampel yang diterima di laboratorium. Turut hadir dalam rombongan Asdep RPPKNM, Chairiah, Kabid PPKNM, Sri Mariastati dan Kasubbid PPKNM I, Dody heriawan P dalam kunjungan tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh laboratorium PT SUCOFINDO (Persero) meliputi Pengujian lingkungan, Pengujian Analisa Kimia Umum diantaranya untuk mendukung kegiatan pengujian SNI berbagai produk, pengujian CPO dan turunannya, pengujian halal, Pengujian Minyak dan Gas, Kalibrasi dan Teknik & Mekanik.

Sebagai Laboratorium komersial BUMN terbesar di Indonesia, PT SUCOFINDO (Persero) senantiasa melakukan improvisasi guna meningkatkan dan mengembangkan kualitas layanan jasanya melalui tindakan perbaikan yang berkelanjutan salah satu fasilitas yang disediakan berupa mobile laboratorium yaitu penjemputan sampel.

Saat ini, layanan laboratorium PT SUCOFINDO (persero) dapat diakses di 46 titik seluruh Indonesia. Bahkan secara khusus PT SUCOFINDO (persero) telah menyediakan laboratorium khusus yang berada di lokasi kerja pelanggan, seperti laboratorium  di Sangatta dan Timika. Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero) telah bekerjasama dengan beberapa BUMN untuk mendukung Sinergi antar BUMN antara lain PT Pertamina, PT Indonesia Power, dan Bulog.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER