HUT ke-51, Perum BULOG salurkan Bantuan Pendidikan 2,18 M

MONITORPerum BULOG sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beroperasi sesuai dengan anggaran dasar Peraturan Pemerintah  (PP) RI Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perusahaan Umum (Perum) BULOG. Sebagai Badan Usaha yang berbentuk Perum, Perum BULOG mempunyai dua tugas, yaitu tugas publik dan tugas komersial.

Sifat usaha perusahaan adalah menyediakan pelayanan bagi kemanfaatan umum sekaligus pengelolaan Perusahaan sebagaimana konsep korporasi umumnya. Guna mencapai maksud dan tujuan tersebut, Perum BULOG menyelenggarakan kegiatan usaha-usaha logistik pangan pokok serta usaha lainnya dengan tetap berdasarkan pada prinsip pengelolaan Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance / GCG).

Dalam pengelolaan Perusahaan, Manajemen Perum BULOG tidak hanya fokus pada tujuan korporasinya, namun juga memiliki fokus kemasyarakatan sebagai wujud tanggung jawab sosial. Terkait hal tersebut, Perum BULOG juga melaksanakan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mengacu pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Direksi Perum BULOG Nomor: PD-25/DU100/11/2015.

Melalui bingkai kegiatan TJSL ini, dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 BULOG tahun 2018, Perum BULOG berinisiatif meyalurkan bantuan bina lingkungan kepada masyarakat khususnya di bidang pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan pada wilayah kerja Perum BULOG di seluruh Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, besar bantuan bina lingkungan yang disalurkan BULOG bernilai total sebesar Rp 2,18 Milyar dengan bentuk bantuan berupa beasiswa pendidikan bagi siswa/mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, bantuan perbaikan infrastruktur sekolah/madrasah/pesantren serta bantuan sarana/prasarana belajar seperti komputer dan alat praktikum.

Selain memberikan bantuan pendidikan, Perum BULOG juga mengadakan kegiatan TJSL berupa Khitanan Masal. Adapun kegiatan TJSL yang dilaksanakan di Kantor BULOG Pusat dalam rangka HUT ke-51 BULOG berupa kegiatan khitanan masal bagi keluarga petugas cleaning service dan satpam yang berkerja dilingkungan Perum BULOG, serta masyarakat di sekitar wilayah Operasional Perum BULOG di Jakarta dan sekitarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Febriyanto selaku Direktur SDM dan Umum, Tri Wahyudi Saleh – Direktur Komersial, Siti Kuwati – Sekretaris Perusahaan Perum BULOG beserta jajarannya.

Febriyanto menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan semacam ini sangatlah dibutuhkan sebagai wujud tanggung jawab Perusahaan terhadap lingkungan sekitar, yang sederhananya bahwa Perum BULOG juga mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program sosial, yang kali ini difokuskan pada  program pendidikan dan lingkungan.

Direktur SDM dan Umum Perum BULOG, Febriyanto

“Kami yakin bahwa Perusahaan juga akan terus bertumbuh bila masyarakat dimana perusahaan itu berada juga turut tumbuh bersamanya, dalam artian Perusahaan turut berkontribusi untuk mewujudkan peningkatan  kesehatan maupun taraf pendidikannya. Kami ingin BULOG bisa hadir di situ,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini pula, diharapkan tujuan untuk mendekatkan Perum BULOG kepada masyarakat dapat terwujud. Perum BULOG juga bertekad akan terus menggalakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan bina lingkungan serupa yang Langsung menyentuh masyarakat, dengan program-program bina lingkungan yang pro aktif sebagai wujud bakti kepada masyarakat atas tanggung jawab sosial dan kepeduliannya terhadap masyarakat dan bangsa Indonesia.