Festival Jalan Tol, Cara Jasa Marga Kenalkan Ruas Tol Pandaan Malang

1008
Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menghadiri kegiatan festival jalan tol di Malang

MONITOR, Malang – Proyek Jalan Tol Pandaan Malang sepanjang 38,48 KM sebentar lagi rampung. Sebelum tol tersebut beroperasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melaui anak usahanya yakni PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) sebagai pengelola terlebih dahulu mengenalkan ruas tol tersebut kepada masyarakat umum. Upaya itu dilakukan dengan cara menggelar Festival Jalan Tol.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menuturkan festival jalan tol merupakan cara efektif untuk mengenalkan ruas tol kepada masyarakat umum sebelum dioperasikan. Harapannya, masyarakat umum bisa memahami dan menikmati sebelum tol tersebut hanya akan dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Festival tol ini kalau tidak salah yang ke empat kalinya kami gelar. Bawean-Salatiga pernah, Ngawi-Kertosono pernah, kemudian Medan Kualanamu pernah jadi ini yang ke empat kali ya,” tutur Desi usai melepas peserta Fun Run dan Fun Bike di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (23/3).

Pelepasan peserta Fun Run dan Fun Bike di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang

“Setelah dioperasikan tidak akan bisa dilalui oleh masyarakat dengan lari maupun naik sepeda. Jadi udah full untuk mendaraan-kendaraan roda empat,” tambah Desi.

Acara yang melibatkan masyarakat umum itu menurut Desi selalu sukses dilaksanakan. Terbukti dari besarnya jumlah peserta yang berpartisipasi dari setiap festival yang di laksanakan diruas-ruas tol baru yang dikelolanya.

“Alhamdulillah sampe dengan sekarang animo masyarakat sangat besar. Kita selalu harus membatasi peserta, jadi kalau kita lepas mungkin 20 atau 25 ribu bisa, tapi kan gak memadai. Jadi kita cut hari ini 6.471 peserta, atau hampir 7 ribu. Jadi menurut kami atas dasar itu event ini selalu berhasil selalu dinanti2 oleh masyarakat,” terangnya.

Dia melanjutkan, Ruas Tol Pandaan Malang senidiri mulai akan beroperasi pada bulan Mei 2019 mendatang. “Kita operasikan kira-kira paling lambat awal mei. Sesi 1, 2, 3 sepanjang 30 km,” imbunya.

Acara peserta Fun Run dan Fun Bike di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang

Akan tetapi, menurut Desi untuk seksi 4 dan selanjutnya masih dalam proses pengerjaan, dan untuk seksi lima terpaksa harus ditunda pengerjaannya karena terdapat situs.

“Situsnya hanya di ujung, di 3 km terakhir. Nah Minggu depan ini akan di finalkan dari BPJT, PUPR apa yang akan kita lakukan untuk mengantisipasi situs tersebut. Tentunya situs tersebut ya kita harapkan dilestarikan saja, jadi malah seksi 5 jadi menjadi destinasi,” pungkasnya.

Sebagai Informasi Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan yang menghubungkan daerah Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan Malang, Jawa Timur. Jalan tol yang memiliki panjang 38,48 KM ini merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan dua kota terbesar di Jawa Timur yaitu Surabaya dan Malang.