Jumat, 29 Maret, 2024

Dukung Pendidikan Vokasi, Pertamina Gelontorkan Bantuan ke Politeknik Negeri Manado

MONITOR, Manado – Pendidikan vokasi, seperti halnya program pendidikan tinggi lainnya, mempunyai misi mempersiapkan generasi siap kerja dan profesional. Namun demikian, sarana penunjang pendidikan Vokasi masih sangat minim dan terbatas.

Sebagai salah satu bentuk dukungan Perusahaan kepada pendidikan Vokasi di Indonesia khususnya di wilayah timur, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region VII menyerahkan bantuan Bina Lingkungan berupa Sarana Pendidikan yakni 25 Komputer dan 3 LCD Projector senilai Rp 298.750.000 untuk Politeknik Negeri Manado.

Bantuan yang ditujukan khusus bagi Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado ini diserahkan secara simbolis oleh Marketing Branch Manager Suluttenggo, Daniel Alhabsy kepada Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Dr. Ir. Efendy Rasjid Msi., MM di Politeknik Negeri Manado, pada Selasa (18/09).

Daniel menuturkan bantuan ini merupakan salah satu wujud komitmen dan kepedulian Pertamina terhadap Pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah sekitar operasi perusahaan. “Sarana pendidikan yang ada disini kondisinya masih kurang dan tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa. Beberapa sarana juga telah kami survey sudah tidak sesuai lagi ataupun rusak,” ujarnya.

- Advertisement -

Pendidikan Vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi tenaga profesional pada bidang keahliannya. Dimana lulusannya diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan/swasta atau berwiraswasta.

“Pola pengajaran pada Vokasi lebih mengutamakan pada pengajaran keterampilan dan keahlian praktek dibandingkan dengan penguasaan teori. Karenanya melalui bantuan yang diberikan, kami berharap dapat membantu dan mendukung kegiatan belajar mengajar di Politeknik Negeri Manado, khususnya bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis,” harap Daniel.

Sementara itu, Efendy mengatakan, bantuan komputer yang diberikan akan digunakan di laboratorium komputer, sedangkan untuk LCD projector akan digunakan di ruang kuliah dan laboratorium komputer. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pertamina. Semoga dengan bantuan ini suasana akademik menjadi lebih baik begitu pula dengan layanan pendidikan di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado,” ungkapnya.

Daniel menambahkan, selama ini Pertamina juga telah menjalin kerjasama yang baik dengan Politeknik Negeri Manado. “Sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi milik pemerintah yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara, kami telah menerima banyak mahasiswanya baik untuk melakukan magang (internship) ataupun kerja praktek lapangan di wilayah Operasi Pertamina. Kami juga sering memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para mahasiswa terkait bisnis Pertamina,” jelas Daniel.

Selama tahun 2018, Pertamina MOR VII telah menyalurkan bantuan Bina Lingkungan bidang pendidikan senilai Rp 4,8 Milyar se-Sulawesi. Dari total tersebut Rp 1.5 Milyar diantaranya disalurkan khusus untuk mendukung pendidikan di wilayah Sulawesi Utara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER