Dirut Pertamina Dinobatkan Sebagai Top Leader In Leadership 2018

Foto: Istimewa

MONITOR, Jakarta – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dinobatkan sebagai TOP Leader in IT Leadership 2018, dalam ajang IT Telco 2018, yang diselengarakan di Jakarta, Kamis, (6/12).

Nicke dinilai telah sukses dalam penerapan aplikasi ICT (information Communication Technology) di BUMN energi yang dipimpinnya. Pertamina juga dinilai mengikuti perkembangan bisnis berbasis digital, dimana mulai memanfaatkan bisnis retail berbasis aplikasi, dengan menggandeng pihak lain. Sehingga Pertamina dianggap siap dalam menghadapi transformasi digital yang menjadikan bisnis tidak berjarak ruang dan waktu.

Karena itulah di ajang ini Pertamina juga mendapatkan dua penghargaan lainnya yakni Kategori TOP IT Implementation on Energy Sector 2018 dan TOP Digital Transformation Readiness 2018. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Panitia M. Lutfi Handayani kepada perwakilan Pertamina yakni SVP Corporate ICT Jeffrey Tjahja Indra serta VP Business Demand Joko Purnomo.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan di ajang tahunan apresiasi masyarakat dan penggiat ICT itu menjadi parameter bagi perusahaan, sejauh mana Pertamina bisa bergerak cepat dalam memaknai pergeseran shifting dari disrupsi teknologi.

“Pertamina terus melakukan improvement dengan menerapkan cara-cara baru berbasis ICT dalam menjalankan bisnis usahanya, sekaligus menyiapkan pekerja-pekerja yang mampu mengikuti perubahan dalam berinteraksi di bisnis energi. Banyak hal yang bisa kami lakukan dalam memaksimalkan serta terus bertransformasi dalam pemanfaatan ICT di perusahaan kami,“ jelasnya.

Sementara itu SVP Corporate ICT Jeffrey Tjahja Indra menyatakan Digital Transformasi menjadi salah satu fokus utama Pertamina dalam menghadapi Era Digitalisasi. Di sisi Internal, implementasi dilakukan secara holistik (teknologi, proses dan manusia) dan terintegrasi dengan dipimpin oleh bisnis serta berfokus pada tema-tema utama. Kami berharap daya saing bisnis Pertamina akan semakin mantap kedepannya,” tambahnya.

Kegiatan TOP IT & TELCO 2018 merupakan ajang penghargaan yang ke-5 kalinya dan didukung oleh beberapa asosiasi TI TELCO, seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia), serta lembaga lainnya, serta mendapat perhatian khusus dari Kementerian Informasi dan Informatika.

Sektor bisnis yang dikompetisikan dalam TOP IT & TELCO adalah setor usaha Bank, BPD, Multifinance, Asuransi, E-Commerce, IT & Telekomunikasi, Energi Pertambangan, Pelabuhan dan Bandar Udara, Infrastruktur, Transportasi, Agro industri, PDAM, dan Hospitality. Sedangkan kategori untuk instansi pemerintahan terdiri dari Kementerian, Lembaga/ Badan, Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kota, dan Pemerintahan Kabupaten.