Detik-Detik PT Telkom Luncurkan Satelit Merah Putih dari Amerika Serikat

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan Satelit Merah Putih di SpaceX, Cape Caneveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat, Selasa (7/8). (Foto: Dok Twitter Telkom)

MONITOR, Florida – Hari ini PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan Satelit Merah Putih di SpaceX, Cape Caneveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat, Selasa (7/8).

Berbeda dari satelit yang diluncurkan sebelumnya, satelit yang digagas PT Telkom ini memiliki jangkauan yang lebih luas. Satelit Merah Putih akan diluncurkan untuk menempati slot orbitnya di 108 derajat Bujur Timur (108 BT) yang mampu menjangkau wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Pengerjaan satelit ini melibatkan perusahaan Amerika Serikat SSL, sementara pesusahaan jasa peluncuran adalah Space X.

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara. Sementara yang menjangkau Asia Selatan adalah 24 transponder C-Band.

Oleh SSL, Satelit Merah Putih dirancang dengan daya tahan luar angkasa mencapai 16 tahun. Nantinya, satelit ini memiliki tugas untuk menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia.

“Satelit Merah Putih ini akan membuka banyak kesempatan baru, menyatukan masyarakat melalui konektivitas. Sobat Telkom bisa tonton live streaming peluncuran Satelit Merah Putih di Official Youtube Channel @telkomindonesia,” tulis dalam akun instagram Telkom Indonesia.