BUMN dan Pertamina Bersinergi Dorong Elektrikfikasi di Tasikmalaya

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno dan Direktur Utama PLN Sofyan Basyir bersama masyarakat di Tasikmalaya, Jawa Barat

MONITOR, Jakarta – Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno kembali mendorong PT PLN (Persero) memberikan elektrikfikasi kepada keluarga tidak mampu.

Pada tahap awal, PLN bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) melakukan penyambungan listrik gratis bagi 400 Kepala Keluarga (KK) Tasikmalaya yang tersebar di kecamatan Rajapolah, Kecamatan Singaparna dan Kecamatan Karangnunggal.

Jumlah masyarakat kurang mampu yang perlu mendapatkan listrik tersebut ditetapkan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Saya mendengar bahwa ada warga yang berlistrik tapi listrik diambil dari rumah yang sudah berlistrik (Levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui sinergi BUMN kepada masyarakat, khususnya BUMN-BUMN yang berkarya di Jawa Barat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN,” kata Rini, dalam pernyataannya Kamis (12/7).

Selain wilayah Kabupaten Tasikmalaya, sinergi BUMN mendorong elektrifikasi rumah tanga kurang mampu juga dilakukan di wilayah-wilayah lain di Provinsi Jawa Barat seperti di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sukabumi.

“Terima kasih kepada PLN dan Pertamina yang sudah membantu masyarakat di wilayah Tasikmalaya. Saya terus mendorong sinergi seperti ini terus berlanjut di wilayah-wilayah lain dan semakin banyak BUMN yang terlibat,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PLN Sofyan Basyir mengungkapkan, masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.

“Saya juga pastikan bahwa personil-personil PLN di lapangan bisa bekerja optimal dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Sofyan.

Saat ini, rasio elektrifikasi Provinsi Jawa Barat tercatat di level 98% dengan jumlah KK yang belum terlistriki tercatat sebanyak 316.947 KK. Sementara untuk Kabupaten Tasikmalaya sendiri, rasio elektrifikasi tercatat di level 92% dengan jumlah KK yang belum terlistriki tercatat sebanyak 28.977 KK.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyastuti menambahkan, Pertamina sebagai perusahaan energi juga berkomitmen membantu warga kurang mampu agar bisa menikmati listrik.