BRI Salurkan CSR ke Pondok Pesantren

Monitor, Jakarta – Sebagai bentuk kewajiban perusahaan terhadap lingkungan sosial, Bank BRI menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli yang tergabung dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri. Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI) Rini M. Soemarno bersama Direktur Utama Bank BRI Suprajarto ke beberapa Pondok Pesantren yang berlokasi di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Sabtu dan Minggu, (10-11/6/2017).

Ikut serta dalam rombongan tersebut diantaranya Imam Apriyanto Putro, Gatot Trihargo, Wahyu Kuncoro, Direktur Bank BRI Priyastomo dan Direktur Utama Bank BTN Maryono. Dengan mengambil tema Berbagi Bahagia di Pondok Pesantren, Bank BRI menyalurkan bingkisan Ramadhan berupa bahan pokok seperti 10 ton beras, dua ton gula, 50 kilogram daging sapi, 2.000 liter minyak goreng dan perlengkapan ibadah seperti sarung dan mukena serta uang tunai senilai Rp 100 juta untuk pengembangan pendidikan di Pesantren.

“Total bantuan yang diberikan BRI senilai hampir Rp1,8 miliar kepada empat pondok pesantren. Harapannya bantuan ini dapat memberikan manfaat kepada para ulama, kiai serta para santri di lingkungan pesantren, ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso.

Empat Pesantren yang mendapat bantuan yakni Ponpes Api Tegalrejo di Magelang, Ponpes Al Munawwir di Bantul, Ponpes Al Asyariah di Wonosobo dan Ponpes Sunan Pandanaran di Sleman. Lebih lanjut Hari Siaga menjelaskan melalui kegiatan ini Bank BRI ingin hadir langsung di tengah masyarakat, tidak hanya dalam kapasistas agent of development.

Saat ini BUMN menurutnya telah dituntut tidak hanya menjalankan fungsi sebagai penggerak perekonomian nasional, namun BUMN juga harus terlibat aktif dalam pemberdayaan serta peningkatan kualitas hidup masyarakat di Indonesia salah satunya melalui program CSR. Dengan begitu, menurut Hari, maka kehadiran BUMN khususnya Bank BRI mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia tidak terkecuali di kalangan ulama, kiai dan santri.

Selain memberikan bingkisan Ramadhan untuk Pondok Pesantren, pada bulan Ramadhan kali ini Bank BRI juga menggelar rangkaian acara CSR BRI Peduli. Di antaranya, Bank BRI akan membagikan 58 ribu paket sembako gratis di mana 20 ribu paket akan dibagikan di 15 titik di wilayah DKI Jakarta pada 13 Juni 2017 dan sisanya sebanyak 38 ribu paket akan disebar secara bertahap di 19 Kantor Wilayah BRI di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Bank BRI bersama Himpunan Bank Bank Milik Negara (HIMBARA) akan mengadakan buka puasa bersama 3.500 anak yatim piatu pada tanggal 15 Juni 2017 di Jakarta Convention Center. Bank BRI juga akan mengadakan mudik bareng gratis untuk 6.100 masyarakat dalam rangka menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah dengan memanfaatkan moda transportasi bus, kereta api, kapal laut dan pesawat udara.

BRI melalui Program BRI Peduli secara konsisten senantiasa melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, di beberapa sektor yaitu pendidikan, pelatihan, bantuan sarana umum, bantuan kesehatan, bantuan sarana ibadah, pelestarian alam, bantuan korban bencana alam serta bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan.