Bersama Lima BUMN, Pertamina Jadi Sponsor Utama Asian Games 2018

MONITOR, Jakarta – Sebagai wujud dukungan terhadap dunia olahraga, Pertamina menandatangani perjanjian partisipasi penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan Komite Penyelenggaraan Asian Games Indonesia (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee/INASGOC) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (25/10/2017). 

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Massa Manik dan Ketua INASGOC Erick Tohir, yang disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri BUMN Rini Soewandi, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. 

Selain Pertamina, penandatanganan tersebut juga dilakukan oleh 5 BUMN lainnya, yaitu Bank Rakyat Indonesia, Bank Nasional Indonesia, Bank Mandiri, Telekomunikasi Indonesia dan Telekomunikasi Seluler Indonesia. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 mengatakan, dukungan BUMN ini sangat besar manfaatnya bagi kelangsungan penyelenggaraan event Internasional tersebut. 

"Dukungan terhadap Asian Games 2018 merupakan sebuah prestise bagi BUMN Indonesia. Event ini agar dapat memberikan dampak promosi yang luas karena disaksikan hampir lebih dari 5 miliar penonton melalui televisi di seluruh dunia," kata Jusuf Kalla. 

Oleh karena itu, Jusuf Kalla menekankan tiga aspek penting bagi Indonesia selaku tuan rumah yang harus diperhatikan dalam Asian Games 2018. Tiga aspek tersebut sarana, penyelenggaraan dan prestasi. "Sarana, penyelenggaraan dan prestasi harus benar-benar diperhatikan demi kesuksesan acara tersebut. Di sinilah pentingnya dukungan banyak pihak, termasuk dari BUMN kita," tegasnya.

Sementara itu, Ketua INASGOC Eric Tohir menjelaskan, nantinya siaran penyelenggaraan Asian Games 2018 akan sampai ke wilayah Amerika dan Amerika Latin. "Ini tentu sangat baik sekali sebagai sarana mempromosikan Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Rencananya, Asian Games 2018 diadakan pada 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Sebanyak 41 cabang olahraga diperlombakan dalam ajang tersebut. (ADV)