Bekraf Latih Pelaku UKM Cara Pembuatan Laporan Keuangan Via Aplikasi

MONITOR, Jakarta – Badan Ekonomi Kreatif kembali menggelar asistensi pembuatan laporan keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah Kreatif di Surabaya, Selasa (22/8/2017). Dari kegiatan itu para pelaku UKM diajarkan pembuatan laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi.

Khusnaini, trainer aplikasi akuntansi UKMMoney Manager mengajarkan pembukuan dengan aplikasi android pada smartphone. Aplikasi ini mudah diperoleh pada google playstoredan digunakan pada smartphone. Dia mengajarkan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi umum.

Menurutnya, laporan keuangan bukan hanya bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan mengakses pembiayaan perbankan, tetapi juga evaluasi usaha untuk menentukan keputusan tepat pada usaha mereka.

Dalam kegiatan ini, Bekraf memberikan bimbingan kepada 100 pelaku UKM Kreatif Kota Surabaya dan sekitarnya untuk mengetahui dan melaksanakan pencatatan keuangan serta membuat laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi sederhana.

"Pelaku UKM Kreatif bisa mengembangkan usaha mereka dengan mengakses pembiayaan perbankan. Maka, kami membimbing mereka untuk membuat laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi sederhana sebagai history recordkeuangan usaha sehingga peluang mereka lebih besar untuk mendapatkan pembiayaan perbankan," ucap Direktur Akses Perbankan Restog K. Kusuma dalam siaran pers, Selasa (22/8).

Asistensi ini, menurutnya, bertujuan memberi pemahaman pembiayaan perbankan syariah yang bisa diakses pelaku UKM Kreatif untuk ekspansi usaha, memotivasi pelaku UKM Kreatif untuk mengembangkan usaha, dan mengajarkan pembuatan laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi.

"Bekraf mendatangkan praktisi keuangan syariah dan perbankan syariah supaya pelaku UKM kreatif tahu model pembiayaan syariah, pembiayaan syariah yang ditawarkan perbankan, dan persyaratan untuk mendapatkannya. Trainer aplikasi akuntansi juga kami hadirkan agar pelaku UKM Kreatif memaksimalkan aplikasi android pada smartphone untuk membuat pembukuan keuangan mereka dimanapun mereka berada," tambah Resog.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia