Bank Mandiri Kenalkan Alternatif Pembiayaan Global Bond IDR Bonds

MONITOR, Jakarta – PT Bank Madiri Tbk (BMRI) mengenalkan alternatif pembiayaan bernama Global Bond IDR Bonds, yang merupakan efek bersifat utang dalam denominasi rupiah. Instrumen ini tidak hanya dapat ditawarkan oleh investor dalam negeri namun juga investor global.

Dihadiri oleh 100 perusahaan, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo berharap, pembiayaan ini diharapkan dapat menjadi alternatif para pengusaha untuk mencari pendanaan.

"Terlebih, pembiayaan dalam negeri juga relatif terbatas," katanya dalam acara Global IDR Bonds Workshop di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Sehingga lanjut Kartika mau tidak mau pasar keuangan nasional mulai mengakses pasar keuangan global untuk mendapat alternatif financing.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo mengatakan, Global IDR Bonds bisa jadi alternatif untuk pembangunan infrastruktur.

Gatot menerangkan, pemerintah memerlukan pembiayaan infrastruktur sekitar Rp 5.500 triliun dalam lima tahun. Jadi, untuk tiap tahunnya sekitar Rp 1.100 triliun. Sementara, pembiayaan infrastruktur di dalamnya negeri baru bisa mencapai Rp 900 triliun termasuk di dalamnya dari BUMN.

"Kemampuan BUMN sekitar Rp 450 triliun, masih ada room di mana foreign direct investment (FDI) dan pembiyaan ini yang perlu didiorong," jelas dia.