Atasi Inflasi Ramadhan, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Jakarta – Guna menekan ledakan inflasi yang sering terjadi saat momen Ramadhan, pemerintah akan rutin melakukan rapat koordinasi antar kementerian mulai pekan depan.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pihaknya akan kembali lakukan rapat dengan pemerintah, Menko, dan yang terlibat langsung dengan inflasi untuk meyakinkan bahwa di bulan puasa ini semua aman.

"Sampai pekan ketiga bulan Mei 2017, inflasi sudah mencapai 0,3 sampai 0,4 persen secara bulanan (month to month/mtm)," ungkap Agus Martowardojo saat ditemui di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Rabu (24/5).

Agus mengatakan, angka ini masih terbilang aman dan sejalan dengan upaya yang telah dilakukan pemerintah dengan BI untuk menekan laju inflasi.

"Kami lihat ini masih sama seperti target kami dan sesuai upaya kami stabilisasi harga oleh pemerintah," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kenaikan beberapa komoditi turut andil dalam kenaikan inflasi Mei 2017. Seperti kenaikan harga daging ayam, telur ayam, dan pangan. Menurutnya, hal tersebut merupakan pola adalah lumrah karena terjadi sejak beberapa tahun silam.

"Itu klasik, dan itu juga bisa dikatakan di seluruh Indoensia tantangannya seperti itu, dan ini selama bertahun-tahun kondisi itu," jelasnya.