Kamis, 28 Maret, 2024

Alibaba Cloud Data Center Resmi Beroperasi di Indonesia

MONITOR, Jakarta – Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini, Kamis (15/3) mengumumkan beroperasinya data center pertamanya di Indonesia. Data center ini merupakan platform cloud publik global pertama di Indonesia yang menyediakan pilihan lokal bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama UKM dan start-up.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengapresiasi pembukaan resmi Alibaba Cloud di Indonesia. Menurut Rudiantara, Indonesia menunjukkan perkembangan UKM dan start-up yang signifikan beberapa tahun terakhir dengan tingkat adopsi teknologi cloud dan antusiasme yang tinggi terhadap transformasi digital.

"Guna memaksimalkan potensi ekonomi ini, mereka harus didukung oleh teknologi, infrastruktur, dan para ahli yang dapat membantu mengembangkan dan mengoperasikan bisnis mereka dengan lebih efisien. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan pertumbuhan yang kuat bagi ekonomi digital Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara pada acara peresmian data center Alibaba Cloud.

Data center ini menawarkan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, keamanan, dan middleware untuk analisis dan big data. Solusi lengkap dari Alibaba Cloud akan memenuhi kebutuhan perusahaan lokal dari berbagai industri yang terus meningkat, mulai dari e-commerce, media, teknologi finansial, gaming, logistik, transportasi, dan manufaktur.

- Advertisement -

Selain itu, layanan big data “MaxCompute” memungkinkan pengguna menyimpan dan mengolah data struktural dalam jumlah besar hingga terabyte dan petabyte. “MaxCompute” secara khusus menyediakan layanan data intelligence yang canggih seperti mengolah data, menganalisis, dan machine learning guna memberdayakan inovasi dan transformasi bisnis yang didorong oleh data.

“Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki posisi yang unik dalam hal pemahaman budaya dan konteks di wilayah ini, sehingga kami dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi yang inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini,” ujar Alex Li, General Manager of Asia Pacific, Alibaba Cloud.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER