Ada Perlambatan Pertumbuhan Lapangan Kerja dan Pendapatan Rill di Indonesia

MONITOR, Jakarta – Bank Dunia memaparkan terjadinya penurunan tingkat kemiskinan di Indonesia pada September 2017, meski tidak dibarengi dengan pertumbuhan lapangan kerja yang tinggi dalam mengatasi melonjaknya SDM.

Bank Dunia mencatat bahwa tingkat kemiskinan Indonesia mencapai 10,1%. Angka itu turun 0,6% dibandingkan posisi sebelumnya di 2016. Tetapi, Bank Dunia juga catat adanya perlambatan pertumbuhan lapangan kerja dan pendapatan riil‎.

Lead Economist Bank Dunia di Indonesia Frederico Gil Sander saat ditemui dalam acara pertemuan bertajuk 'Indonesia Economic Quarterly (IEC) 2018' mengatakan, 

"Tetap tumbuh tapi ada slide (perpindahan), peningkatannya turun," ucapnya di Energy Building, SCBD Sudirman,Jakarta. (27/3)

Bank Dunia mencatat jumlah tahun 2017 pekerja di Indonesia mencapai 121 juta, atau tumbuh 2,2 persen dari periode yang sama di 2016. Menariknya penyerapan tenaga kerja di infrastruktur tidak tinggi, lebih banyak di manufaktur, ungkapnya.

Dari Sektor manufaktur Bank Dunia akui sektor ini telah menciptakan lapangan kerja untuk 1,5 juta orang di tahun lalu. Dia mengakui banyak pekerja manufaktur banyak yang baru banyak datang dari sektor pertanian.