Upaya Kepala Rutan Rangkasbitung Wujudkan Pembinaan Ideal

MONITOR, Lebak –  Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Aliandra Harahap terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pembinaan yang terbaik bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Salah satu upaya yang ia lakukan yaitu dengan menyambangi dan meminta dukungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak. 

Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap mengatakan salah satu yang disampaiakan kepasa Bupati Lebak yakni kondisi faktual pemasyarakatan terutama di Rutan Rangkasbitung. Selain itu dirinnya juga menyampaikan harapan dan meminta dukungan dari Pemkab Lebak untuk sama-sama membina 200 Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) Rutan Rangkasbitung.

“saat ini isi penghuni 200 orang, memang sudah over crowded dari 100 orang kapasitas seharusnya, namun Alhamdulillah Rutan Rangkasbitung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif,” kata Aliandra dalam siaran tertulis yang duterima di Jakarta.

Diakui Aliandra, membina para WBP tidaklah mudah, WBP yang mayoritas warga lebak ini sangat butuh sentuhan pemda Lebak untuk sama-sama membina. Selama ini kerjasama dan dukungan pemda Lebak terhadap WBP Rutan Rangkasbitung memang cukup baik, akan tetapi kami inginkan kedepan sinergi Pemda dengan Rutan Rangkasbitung lebih baik lagi.

“dalam sistem Pemasyarakatan Indonesia, Pemda Lebak menjadi salah satu Pilar dari 2 pilar utama pemasyarakatan lainnya, yaitu petugas dan WBP, jadi mustahil pembinaan kami akan berhasil tanpa didukung oleh Pemda Lebak, kami berharap dukungan dari Ibu Bupati agar pembinaan WBP dapat terarah dan menjadi lebih baik”, Harap Aliandra.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia