Tokoh Warga Percaya Prof Andalan Bisa Undang Investor Bangun Selayar

MONITOR, Selayar – Tokoh warga Selayar percaya hanya pasangan kandidat nomor 3 Prof Andalan yang bisa mengundang investor untuk membangun Kabupaten Selayar. Selama puluhan tahun, potensi alam Selayar nan elok tak pernah diperhatikan secara serius oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

“Masyarakat di sini Pak, sangat butuh orang-orang yang punya pengetahuan tinggi agar mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Kami yakin Prof Andalan bisa membangun jaringan nasional dan internasional agar investor bisa masuk untuk ikut membangun di Kabupaten Selayar,” kata H Amran, tokoh warga Desa Kohala, Kecamatan Buki, Kabupaten Selayar. Minggu (8/4/2018).

H Amran menyampaikan aspirasi warga kepada Cawagub Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) yang blusukan ke Selayar sejak Sabtu hingga Senin besok. 

Menurut H Amran, masyarakat Selayar sudah merindukan wilayahnya dibangun berbagai industri yang bisa menyerap tenaga kerja sehingga banyak masyarakat yang ikut bekerja dan meningkat kesejahteraannya. 

“Tapi bagaimana di sini bisa dibangun industri sementara persedian listriknya kecil," keluhnya.

Selain itu, menurut H Amran, masyarakat juga sudah merindukan pembangunan berbagai infrastruktur. “Kami berharap infrastruktur bisa terbangun di daerah kami yang banyak potensi ini Pak. Karena posisinya sangat menguntungkan, terlebih untuk  sektor wisata,” tambah H Amran.

Seperti diktehaui, Selayar memiliki Taman Nasional Taka Bonerate yang sangat indah karena mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia seluas 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². 

Bahkan sebenarnya sejak tahun 2005, Taman Nasional Taka Bonerate telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Ada lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate yang sangat menarik untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

Menjawab keluhan tokoh warga, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) menyatakan bahwa membangun suatu daerah sesuai potensi yang dimiliki merupakan tugas pemerintah.

“Tentu itu akan menjadi tugas pemerintah untuk mengembangkan daerah yang punya potensi untuk dikembangkan. Termasuk Kepulauan Selayar yang dikenal memiliki potensi yang sangat besar menjadi daerah pariwisata yang digandrungi wisatawan lokal dan Internasional,” kata Andalan. 

Menurutnya, masyarakat Selayar membutuhkan sosok pemimpin yang mau bekerja dengan ikhlas bekerja untuk rakyatnya. “Dulu Kabupaten Bantaeng juga daerah tertinggal. Namun saat ini berkembang pesat setelah dipimpin Prof Nurdin Abdullah,” kata Andalan.

Menurut Andalan, Taman Nasional Taka Bonerate inshaallah membutuhkan berbagai infrastruktur yang bisa mendukung untuk menjadi tujuan wisata nasional dan internasional. Sebut saja bandara bertaraf internasional dan hotel. “Termasuk pengembangan berbagai potensi kelautan, seperti mendirikan pabrik pengolahan ikan, rumput laut, dan kekayaan laut lainnya,” kata Andalan.