Terpukau Lihat Ornamen Guci, Khofifah Ajak Warga Cintai Produk Lokal

MONITOR, Mojokerto – Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terpukau saat menyaksikan hasil kerajinan gerabah dan bata press yang diproduksi di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (8/4) lalu. Sesekali berbincang dengan para pemahat, Khofifah antusias menyimak penuturan mereka.

Terkait produksi ini, Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyatakan bahwa produksi guci ini memiliki potensi yang bisa menjadi kekuatan ekonomi masyarakat desa yang kemudian mampu menyejahterakan masyarakatnya.

"Ini buatan masyarakat kita loh. Kemarin saya lihat langsung proses pembuatan Guci dari tanah liat di Mojokerto, potensinya luar biasa. Pasarnya sudah merambah ke luar negeri. Ukirannya khas dengan ornamen Mojopahit," puji Khofifah.

Melihat peluang ini, Khofifah seakan tak mau mengabaikan begitu saja produk lokal yang menunjukkan budaya khas Jawa Timur. Menurutnya, hal itu bagian dari warisan leluhur yang harus dilestarikan.

"Ini potensi nyata dan warisan kearifan lokal masyarakat Jawa Timur yang harus difasilitasi pemerintah. Jangan sampai identitas budaya kita hilang ditelan zaman. Kita lindungi, kita jaga, kita sayangi budaya dan produk kita," imbuhnya.