Mustofa Widjaja Bangga Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia

Mantan Ketua BP Batam, Ir. H. Mustofa Widjaja, M.M.

MONITOR, Batam – Indonesia dikabarkan baru saja menduduki peringkat pertama dalam rangking negara paling dermawan di dunia. Unggul di atas Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, serta Irlandia, yang berada di urutan lima besar.

Sebelumnya, pada Sabtu (3/11/2018), lembaga Charities Aid Foundation (CAF) di Ingrris yang menobatkan prestasi bangsa Indonesia tersebut. Hal ini dituangkannya dalam laporan tahun 2018 World Giving Index.

Menanggapi rilis lembaga internasional itu, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mustofa Widjaja menaruh rasa bangga terhadap capaian ini. “Ini bukti bahwa bangsa kita adalah makhluk yang murah hati. Saya sangat bangga dengan capaian ini, apalagi kita mengungguli Amerika Serikat, Australia, dan negara maju lainnya,” ucap Mustofa saat dimintai keterangannya di Batam, Selasa (6/11/2018).

Mantan Kepala BP Batam ini mengaku semakin optimis ketika mendengar berita tersebut. Dalam kondisi perekonomian yang dikabarkan sedang merosot, bangsa Indonesia malah didaulat menjadi negara paling dermawan di dunia.

“Sadar atau tidak, kadang memang kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Dalam keadaan sulit pun kita masih mampu berbagi kepada orang lain. Ini menunjukkan tingkat kepedulian kita kepada sesama sangat tinggi,” pungkas Ketua Dewan Pembina Forum Kepri Bersatu tersebut.

Tolak ukur yang digunakan oleh CAF memang mengacu pada tiga hal, yakni seberapa banyak rakyatnya yang menyumbangkan uang, membantu orang asing, dan menjadi sukarelawan.

Presentase orang Indonesia dalam menyumbangkan uang sebesar 78%, membantu orang asing 46%, dan menjadi sukarelawan 53%.