M Nasir dorong BPBD Riau Lebih Sigap

Anggota Komisi VII DPR RI, M Nasir

MONITOR, Indragiri Hulu – Sebagai negara dengan potensi bencana yang cukup tinggi, sudah seharusnya BNPB sebagai lembaga yang sengaja dibentuk pemerintah beraksi cepat dalam menanggulangi bencana.

Provinsi Riau misalnya, daerah yang kerap kali menjadi pemberitaan karena bencana alam ini sudah seharusnya BNPB Riau sigap dan cekatan. Riau dikala musim kemarau, banyak hutan dan lahan yang hangus terbakar. Ketika masuk musim hujan banyak daerah terendam banjir.

Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) misalnya, ada 59 desa di 10 kecamatan yang direndam banjir pada musim hujan lalu. Pihak BPBD Riau, Edwar mengatakan, diperkirakan jumlah korban terdampak banjir sebanyak 1.496 KK atau 3.275 jiwa. “Fasilitas umum terdampak di Rengat Barat ada satu sekolah dan di Kecamatan Pasir Penyu ada satu sekolah pula,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, M Nasir, Caleg DPR RI Dapil Riau II mendorong BNPB khususnya BPBD Riau agar lebih aktif dan cekatan dalam menanggulangi bencana di Riau. “Harus cepat dong, mereka yang menjadi korban ini kan tidak bisa kalau harus menunggu berlama-lama. BNPB atau BPBD harus lebih gesit” ungkapnya pada wartawan, (9/1/2019).

Banjir yang kerap terjadi di Inhu melumpuhkan aktifitas warga sehingga geliat perekonomian sudah dipastikan mengalami penurunan. Ditambah lagi dampak yang disebabkan banjir, seperti penyakit air seperti cacar, alergi dan lain-lain.

M Nasir, Caleg dari Partai Demokrat ini juga menambahkan pihaknya bertekad membantu korban bencana alam yang kerap terjadi di Riau. Selain itu juga dirinya akan fokus pada pencegahan dan deteksi dini bencana di Riau. “Dari dulu saya selalu terpanggil untuk bantu mereka yang menjadi korban. InsyaAllah kedepan kita harus berbenah. Yang lebih penting sebenarnya upaya pencegahan atau minimal deteksi dini. Sehingga masyarakat bisa mengantisipasi terlebih dulu. Harapanya ya jangan sampai terjadi lah” tambahnya.

Ditempat lain, Dirman, salah satu ketua Karang Taruna yang ada di Kabupaten Inhu mengaku senang atas bantuan yang sering diberikan oleh M Nasir. “Pak Nasir ini pejabat yang sangat peduli dengan rakyat. Saya menyaksikan langsung kebaikan beliau ini. Semoga pak Nasir terpilih kembali” ungkapnya.