DPD PDIP Riau Semarakan Ramadhan dengan Safari Tausiyah

MONITOR, Pekanbaru – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan di bulan ramadan dengan berbagai hal yang positif, salah satunya berdakwah menyampaikan syiar agama melalui tausiyah seperti yang dilakukan oleh DPD PDIP Provinsi Riau.

Sekretaris DPD PDIP Riau H. Syafaruddin Poti, SH mengatakan safari tausiyah dilakukan di beberapa daerah di Provinsi Riau seperti Masjid Raya Pekanbaru, Masjid Raya Madani Islamic Centre Rokan Hulu, Kampus Universitas Pasir Pengaraian, dan Masjid Nurul Iman Indragri Hulu sekaligus dalam rangka silaturahim Ketua DPP PDIP Bidang Maritim yang juga PLH DPD Riau Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS secara serentak dari tanggal 22-24 Mei 2018.

“Beliau Ketua DPP PDIP yang juga merupakan aktivis dakwah yang aktif sebagai Wakil Ketua ICMI Pusat dan Guru Besar IPB sangat dibutuhkan perannya dalam menyampaikan pesan-pesan keislaman dan ilmu pengetahuan sosial ekonomi politik di Riau ini,” ujar Syafaruddin Poti yang juga merupakan ketua organisasi Hulu Balang Rokan Hulu.

Sekretaris DPD PDIP Riau, H. Syafaruddin Poti, SH

Pria yang akrab disapa Bang Poti tetsebut menegaskan jika kegiatan tausiyah tersebut murni dilakukan dengan niat menyebarkan syiar islam terlebih dibulan ramadan tanpa membawa embel-embel kampanye politik.

“Ini murni kegiatan dakwah, menyampaikan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan serta meneguhkan komitmen perjuangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bidang Kemaritiman Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS dalam tausiyahnya mengingatkan umat islam agar memanfaatkan momentum ramadan untuk bangkit meningkatkan keimanan dan ketakwaan sebagai kunci meraih kesuksesan dan ketakwaan dalam hidup.

“Dalam islam konsep kebahagiaan dan kesuksesan hidup diukur dari keberkahan dan kemanfaatan hidup kita sendiri. Itu yang akan membuat kita tenang dan bahagia dalam hidup dan hal tersebut dapat kita capai dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya saat menyampaikan Tausiyah di Masjid Raya Pekanbaru, Rabu, (23/5/2018).

Keimanan dan ketakwaan menurut Prof Rokhmin yang akan menuntun manusia menuju kebahagiaan sejati. Tidak menjadikan materi sebagai tujuan utama sehingga menghalalkan segala cara.

“Allah Azza wa Jalla, dengan gamblang memberikan pedoman sederhana, tapi pasti manjurnya bagi manusia untuk meraih kehidupan yang berhasil dan bahagia, baik di dunia maupun akhirat. Jurus hidup sukses dan bahagia tak lain beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,” tandasnya.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pun, prasyarat utama menjadi maju, adil-makmur, damai, berdaulat, dan penuh limpahan rahmat Allah adalah penduduknya harus beriman dan bertakwa. Sebagaimana firman Allah dalam Aquran surah al-Araf ayat 96.

”Dan sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, pasti Allah akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Allah), maka Allah siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.” tandasnya.