Prof Andalan Diharap Mampu Jadikan Luwu Raya Pusat Produksi Pertanian

MONITOR, Palopo – Calon Gubernur Sulsel Nomor Urut 3 Prof HM Nurdin Abdullah menyatakan, malu jadi gubernur jika masih ada daerah di Sulsel yang terpencil dan tidak bisa diakses dengan jalan raya.

Di hadapan puluhan tokoh lintas agama dalam pertemuan di Pantai Lambamba Palopo, Jumat 18 Mei 2018, Prof HM Nurdin Abdullah mengatakan, setelah keliling Sulsel, masih ada beberapa daerah yang belum bisa dilalui dengan akses jalan.

Bupati Bantaeng dua periode yang menyumbang segudang prestasi Prof HM Nurdin Abdullah mengakui kemampuan keuangan kabupaten dan kota memang kecil. “Harus ada backup dari bantuan provinsi,” jelasnya di hadapan tokoh lintas agama di Palopo, Jumat 17 Mei 2018.

Menurut Prof HM Nurdin Abdullah banyak sumber keuangan untuk membangun Sulsel. “Banyak investor. Tetapi kita harus memberi layanan yang cepat dan harus ada jaminan kepastian,” ujar Prof HM Nurdin Abdullah.

Tokoh masyarakat Luwu Raya Simon Gasong minta kepada Prof HM Nurdin Abdullah agar menjadikan Luwu Raya sebagai pusat produksi beras. “Jangan seperti sekarang. Gabah produksi Luwu Raya tetapi orang Luwu beli beras dari Sidrap,” katanya.

Prof HM Nurdin Abdullah mengatakan, kalau pertanian di Luwu Raya ini dikelola dengan baik dari hulu sampai hilir, maka diyakini petani-petani Sulsel termasuk akan sejahtera.

“PAD Sulsel mayoritas dari pajak kendaraan bermotor. Harusnya PAD dari sumber pertanian tiga kali lipat dari sumber PAD kendaraan bermotor karena kita mayoritas pertanian.” jelas Prof HM Nurdin Abdullah.(#)