Bawaslu Pastikan Tak Ada Unsur Politik di Kegiatan BBPP Batangkaluku

MONITOR, Makasar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menerjunkan anggotanya untuk mengawasi jalannya Bimbingan Teknis Komditi Nasional Kementerian Pertanian di Hotel Harper, Makassar. Langkah itu dilakukan menyusul kabar adanya unsur politik praktis dalam acara tertsebut.

“Tujuan kami kesini karena adanya informasi adanya penyelenggaraan Kegiatan yang dilaksanakan Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku, yang dimana salah satu paslon gubernur adalah keluarga atau adik dari menteri pertanian, apa ada hal-hal berbau politik di dalamnya,” ungkap Edy Panwaslu Biringkanaya Makassar, saat mengunjungi pelaksanaan Bimtek Komoditi Nasional, di Hotel Harper, Makassar.

“Jangan sampai ada penyimpangan dari program-program yang seharusnya dilaksanakan,” sambungnya.

Dari hasil pantuan, anggota Panwas tersebut pun tak menemukan kegiatan yang mengandung unsur kampanye atau sosialisasi politik.

“Kalau kami lihat, tidak ada indikasi politik, setelah wawancara dan pengamatan langsung ke setiap peserta, mereka jujur, dan pernyataan dari mereka tidak ada satupun kata yang mengarah ke adanya indikasi politik,” ujar Edy.

“Maka dari itu kami menarik kesimpulan bahwa kegiatan ini berjalan normal seperti biasa tidak ada pesan-pesan politik yang kami dapati,” tambahnya.

Selanjutnya, Edy menambahkan, dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan BBPP Batangkaluku, dalam masa kampanye ini, jika ada pengumpulan massa dalam suatu kegiatan, ia akan terus awasi untuk mencegah adanya nuanasa politik.

Diketahui, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku merupakan salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian berperan penting dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia pertanian melalui pelatihan.

Tugas Pokok Melaksanakan Pelatihan Fungsional Bagi Aparatur, Pelatihan Teknis dan Profesi, Mengembangkan Model dan Teknik Pelatihan Fungsional dan Teknis di Bidang Pertanian Bagi Aparatur dan Non Aparatur Pertanian, salah satunya yang berlangsung Bimbingan Teknis Komoditi Nasional yang dilaksanakan di Sulawesi Selatan dan nantinya di Provinsi lain yang masih wilayah kerja BBPP Batangkaluku.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia