Soal Calon Wagub, Ini Syarat yang Diajukan Ridwan Kamil

MONITOR, Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil masih enggan bicara soal calon pasangan yaang bakal mendampinginya di Pilgub Jawa Barat 2018. Meski sudah mengantongi dukungan resmi dari PKB, ia masih ingin fokus menjajaki partai koalisi.

"Saya sudah sampaikan itu (memilih pasangan) babak dua. Babak satunya itu menggenapkan dulu koalisi," ujar pria yanga akrab disapa Kang Emil ini, Senin (11/9).

Kendati demikian, Emil memiliki syarat mutlak untuk calon wakil yang akan mendampinginya nanti maju di pertarungan Pilkada. Pertama, kandidat tersebut harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership.

Syarat kedua yang diajukan, kata Emil, kandidat tersebut harus memiliki elektabilitas. "Misalnya dia punya kepemimpinan tapi ngga punya elektabilitas sayang juga, kan ini kompetisi, bukan pemilihan perjodohan saja," tandas suami Atalia Praratya ini.

Perlu diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi memberikan dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018. Surat keputusan pengusungan dari PKB pun sudah diserahkan secara simbolis di salah satu restoran di Kota Bandung, Senin (11/9/2017) tadi malam.