Sejumlah Elemen Mahasiswa Tolak Kedatangan Jokowi di Makassar

MONITOR, Makassar – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Kota Makassar pada Rabu besok, 12 Juli 2017. Agenda kunjungan Jokowi di Makassar adalah untuk membuka peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 di Lapangan Karebosi. 

Selain membuka Harkopnas ke-70, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Badan Usaha Lorong (BULo) di Jalan Lompo Battang, Kelurahan Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar.

Menyikapi soal rencana kedatangan Jokowi tersebut, sejumlah elemen gerakan aktifis mahasiswa Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Bersatu berencana akan melakukan aksi demostrasi menolak kedatangan Presiden.  

"Hari ini kita juga semua tahu bahwa naiknya tarif dasar listrik, isu mau naiknya BBM ( dengan kurangnya premium di pertamina ), isu perpanjangan kontrak PT. Freeport, PHK massal AMT (awak mobil tangki) timbulnya kegaduhan Politik, adanya Teror yang sudah membahayakan nyawa seseorang hingga berdampak pada rakyat atas ketidakstabilan keamanan, penegakan Hukum yang berat sebelah, dan Utang Luar Negeri Yang semakin membengkak adalah Bukti dari kegagalan Jokowi memimpin Indonesia," ujar Korlap Aksi Andi Cibu Mattingra dalam rilis yang diterima Monitor, Selasa (11/7).

Elemen yang  akan bergabung dalam aksi tersebut menurut Andi Cibu terdiri dari Bripka, GRD Sektor UMI, PP GANAS, IMALAK SulSel, MPK Sulsel, dan BEM Hukum UMI. 

Adapun tuntutan para mahasiswa itu antara lain adalah : Tolak Kedatangan Jokowi, Tolak Intervensi Penegakan Hukum, Tolak Intervensi Kasus Korupsi e-KTP, copot Kapolri, Tolak Perpanjangan Kontrak Freeport, Bebaskan Intervensi Asing, dan Turunkan Tarif Dasar Listrik.