Resmi Dideklarasikan, Jangkar Banten Siap Menanti Keputusan Cak Imin

MONITOR, Serang, Banten – Jaringan Akar Rumput (Jangkar) Cak Imin—kelompok relawan yang menyatakan diri mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menjadi kandidat Wakil Presiden pada Pemilu Presiden 2019—kembali dideklarasikan, Senin (6/11/2017). Kali ini, deklarasi berlangsung di Serang, Banten.

“Saat ini mesin Kami sudah bergerak ke berbagai daerah, tinggal menungu momen yang pas untuk kami show up,” ujar Koordinator Nasional Jaringan Akar Rumput Cak Imin, Jabidi Ritonga

Selain di Banten, sebelumnya Jangkar Cak Imin juga sudah dideklarasikan di Jakarta, Jember dan Tasikmalaya. Kelompok ini tak hanya menghimpun kalangan berlatar belakang kiai dan santri, tetapi juga para pemuda dan seniman setempat.

Jabidi mengatakan, deklarasi dan roadshow Jangkar masih akan terus berlanjut ke seluruh nusantara untuk menggalang dukungan. Menurut dia, hal itu merupakan wujud totalitas dan keseriusan dukungan yang mereka berikan untuk Muhaimin.

Sementara itu, Koordinator Jangkar Cak Imin Wilayah Banten, Indra Irawan, mengaku kesamaan visi dan misi menjadi latar belakang keturutsertaannya dalam kelompok relawan ini. Latar belakang akademis Muhaimin pun menurut dia memadai.

“Cak Imin ini punya politik santun dan politik untuk semua. Meski berlatar belakang santri, pandangannya tetap nasionalis dan mampu mendekati kalangan non-muslim seperti langkah Gus Dur dulu,” ujar Indra.

KH Ade Mahrus dari Pesantren Nurul Ihsan, satu diantara kiai yang hadir dalam deklarasi tersebut berpendapat, Muhaimin punya kepedulian terhadap santri melalui berbagai kegiatan yang diinisiasinya. Karenanya, kata dia, sudah selayaknya Muhaimin mendapat dukungan dari santri.

"Majulah Cak Imin, kami menantikanmu, teriak para tamu yang hadir diacara deklarasi," ujarnya.