Polres OKU Perketat Pengamanan Jelang Nataru

MONITOR Baturaja – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2018, Polres Ogan Komering Ulu (OKU), mendirikan sejumlah pos pantau dan pengamanan di sejumlah tempat keramaian.

Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari  mengatakan dalam menyambut perayaan Natal pada 25 Desember 2017 dan perayaan tahun baru 2018, pihaknya tidak ingin kecolongan dengan hal – hal yang dapat merugikan dan meresahkan.

Sehingga saat mendekati hari H perayaan itu, pihaknya mendirikan pos pengamanan dan pemantauan di sejumlah titik.

“Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman dan nayamn pada masyarakat khususnya bagi umat Kristen yang melaksanakan perayaan Natal, dan masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun,” kata Kapolres OKU  AKBP NK Widayana Sulandari, Rabu (20/12).

Sedangkan untuk pos pengamanan, rencananya akan didirikan di depan pusat perbelanjaan Ramayana Kota Baturaja, untuk pos pemantauan di titik rawan kecelakaan lalu lintas.

“Atau tempat yang rawan kejahatan dan wilayah yang berpotensi terjadi gangguan keamanan," jelasnya.

Diakuinya, pengamanan Natal dan tahun baru ini, akan dilakukan jajaran Polres OKU bersama anggota TNI, serta akan melibatkan petugas kesehatan, Satpol PP, Dishub dan elemen masyarakat pembantu petugas polisi lainnya di wilayah itu.

Untuk menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Natal dan tahun baru, lanjut dia, belum lama pihaknya bersama sejumlah instansi terkait di pemerintahan setempat menggelar rapat lintas sektorol Operasi Lilin Musi 2017.

“Dalam hal ini kami melibatkan beberapa pihak seperti Kodim 0403, Sub Den POM II/4-4, Bulog, PLN Rayon Baturaja, TBBM Pertamina dan pihak perwakilan gereja yang ada di OKU,” ungkapnya.

Dia mengemukakan, pada Operasi Lilin Musi 2017 ini pihaknya berharap bisa mencapai indikator keberhasilan yakni dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas serta tercipta situasi yang aman dan kondusif pada Misa Natal serta saat malam pergantian tahun 2018.

“Pengamanan ditingkatkan secara bertahap mulai sekarang hingga dua minggu kedepan. Untuk seminggu menjelang Natal pengamanan akan lebih ditingkatkan secara ketat pada setiap gereja di OKU dan pada malam pergantian tahun,” pungkasnya.