Pilkada Jatim 2018 Akan Dikawal 3000 Personel Gabungan

MONITOR, Surabaya – Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal mengatakan, sebanyak 3000 personel gabungan siap mengamankan kota Surabaya pada gelaran Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang.

"Pemahaman standar operasional prosedur atau SOP telah ditanamkan mulai sekarang kepada 3000 personel tersebut agar pelaksanaan Pilkada Jatim di tahun 2018 nanti mereka tidak ragu-ragu dalam bertindak," ujar Iqbal, Minggu (6/8) seperti dikutip Antara.

Ya, untuk mengamankan Pilkada Jatim di wilayah Kota Surabaya, telah disiapkan pasukan gabungan dari Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sementara itu, Iqbal menuturkan, dari pihak internal Polrestabes Surabaya sendiri telah melakukan simulasi pengamanan Pilkada Jatim yang berlangsung Sabtu lalu. Isi simulasi itu sendiri yakni sekenario guna mengantisipasi berbagaimacam potensi gangguan keamanan.

"Kami juga simulasikan cara pengamanan pada saat situasi massa pengunjuk rasa memanas hingga penanganan tindakan anarkis, semisal ada pengunjukrasa yang melempari polisi dengan botol air mineral dan lain sebagainya," terang Iqbal.