Pertengahan Desember, KKP Ledakkan Dua Kapal Pencuri Ikan

MONITOR, Timika – Pencurian ikan di Perairan Mimika seringkali terjadi. Ini membuat masyarakat dan pemerintah daerah setempat berang. Terkait hal ini Kejaksaan Negeri Timika mengusulkan untuk meledakkan kapal pencuri ikan KM tersebut.

Bak gayung bersambut, usulan itu pun mendapat persetujuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kepala Kejaksaan Negeri Timika Alex Sumarna menyatakan, upaya peledakan kapal akan dilakukan pada pertengahan Desember mendatang.

Selain KM Laut Maluku, Sumarna menuturkan salah satu kapal pencuri ikan di wilayah Merauke juga akan turut diledakkan di waktu yang sama.

"Tanggal pastinya belum kami tentukan. Namun yang jelas sudah ada persetujuan dari KKP untuk melakukan eksekusi kapal itu," ujar Sumarna, seperti diwartakan Antara, Kamis (9/11).

Perlu diketahui, eksekusi ini akan melibatkan peran dari pihak Pangkalan TNI AL Timika dan Kepolisian Sektor Perairan Mimika. KM Laut Maluku ini diketahui tertangkap oleh Satuan Polisi Perairan Polda Papua saat sedang mencuri ikan di kawasan perairan Mimika pada 2014 lalu.

Kasus itu sudah diproses secara hukum hingga ke tingkat Mahkamah Agung RI hingga kasusnya berkekuatan hukum tetap.