Peringati Hari Air Sedunia, Relawan Matahari Prof Andalan Gelar Bakti Sosial

MONITOR, Makassar – Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Tak ingin melewatkan momentum ini, sekelompok pemuda yang mengatasnamakan sebagai Relawan Matahari Prof Andalan menggelar bakti sosial kepada masyarakat kota Makassar.

Selain itu, mereka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang upaya memanfaatkan air sebaik-baiknya hingga tidak menjadi malapetaka.

"Hari Air sedunia (World Water Day) tidak mesti mewah akan tetapi yang utama adalah memberikan pemahaman akan pentingnya air sebagai anugerah Allah SWT yang harus kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kebahagiaan manusia," ujar Koordinator Relawan Matahari Andalan, Ulfah Mawardi, Kamis (22/3).

Ulfah mengatakan, Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Maka, sumber daya air yang dimiliki sejatinya dikelola dengan baik dan cerdas sehingga dapat menjadi komuditi ekonomi untuk mensejahterakan rakyat, baik  di bidang industri, bidang pertanian, maupun rumah tangga.

Sebagaimana visi pembangunan pasangan calon Gubernur Sulawesi Selatan nomer urut 3, Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman alias Prof Andalan. "Jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, keduanya akan menciptakan tatanan masyarakat yang bersih, sehat, sejahtera serta lingkungan yang asri yang membuat warga menjadi bahagia seperti yang telah dirasakan Nyata oleh masyarakat Kabupaten Bantaeng sekarang ini," tuturnya.

Dalam baksos ini, para relawan tampak menggunakan alat edukasi sederhana. Mereka pun membagikan obat jentik nyamuk dan menjelaskan kepada warga kegunaan dan cara pemanfaatannya mulai dari dampak genangan air kumuh, tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat pun terlihat antusias dan senang dengan kehadiran para Relawan Prof Andalan tersebut. Seperti diketahui, Relawan Matahari Prof Andalan melakukan kerja bakti di beberapa Kecamatan di Kota Makassar, diantaranya pembagian jentik nyamuk di Kecamatan Bontoala, Manggala dan Tello Baru yang dikoordinir Ilham Supiana. 

Bakti Sosial Relawan Matahari Prof Andalan dari aktifis Muhammadiyah ini juga dilakukan dengan memperbaiki saluran air yang rusak dan sampah yang ada di selokan, serta edukasi manfaat air bersih di Kecamatan Tamalate yang dikoordinir oleh Habib Amanatullah Rahdar.