Pemkab Purbalingga Bakal Jadikan Lanud Soedirman Bandara Komersil

MONITOR, Purbalingga – Pemerintah Kabupaten Purbalingga segara akan memulai pembangunan Lanud (Landasan Udara) Wirasaba menjadi Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS).

Terkait pembangunan bandara tersebut, Pemkab Purbalingga telah menandatangi MoU dengan Pemprop Jawa Tengah, PT Angkasa Pura II, TNI Angkatan Udara dan LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) / Airnav Indonesia kemarin di Jakarta.

Menurut Bupati Purbalingga, Tasdi, Penandatanganan nota kesepahaman (Mou) tersebut menjadi dasar pelaksanaan pembangunan bandara komersial JBS yang berada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

"Penandatanganan MoU antara Pemkab Purbalingga dengan berbagai pihak tersebut menjadi cacatan sejarah dimulainya realisasi pembangunan bandara Jenderal Besar Soedirman. InsyAllah pertengah Desember 2017 ini akan dimulai pembangunan fisiknya dan harapannya Desember 2018, bandara JBS sudah bisa diopersionalkan," ungkap Tasdi saat dihubungi MONITOR (18/11).

Bandara BJS Purbalingga yang sebelumnya dikenal dengan Lanud Wirasaba, saat ini masih merupakan pangkalan udara militer tipe C yang dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara. Setelah diresmikan menjadi bandara komersil, bandara BJS akan dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura II telah melakukan kajian dan telah memutuskan pembangunan bandara BJS di Purbalingga ini. PT Angkasa Pura II telah menyiapkan anggaran 350 miliar guna membangun berbagai sarana prasarana pendukung seperti runway, taxiway, dan bangunan terminal.