Pemerintah Bangun Embung Nglampir di Tulungagung

MONITOR, Tulungagung – Pemerintah tengah membangun Embung Nglampir di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Rencananya, embung ini akan mengairi sekitar 100 hektar sawah di wilayah Tulungagung.

Terkait hal itu, anggota Komisi V DPR RI Budi Yuwono rupanya menyambut baik. Ia mendukung penuh pembangunan embung tersebut. Menurutnya, keberadaan embung ini bisa meningkatkan ketahanan pangan daerah setempat.

"Nggak usah bingung-bingung pembangunan bendungan, cukup kecil-kecil seperti ini asalkan tiap tahun jadi malah lebih efektif, " ujar Budi saat meninjau lokasi pembangunan Embung Nglampir, di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Ditinjau dari fungsinya, embung bisa dipakai untuk pengembangan sumber daya air seperti irigasi atau air baku. Budi menambahkan, embung juga bisa digunakan untuk mengendalikan banjir.

Lebih lanjut Politikus PDIP asal Tulungangung ini berkomitmen, dirinya akan terus memperjuangankan anggaran pembangunan infrastruktur embung agar masuk dalam APBN 2018 dalam Rapat Kerja Komisi V berikutnya.

"Kita pastikan pada tahun 2018 sudah beberapa yang fix bangun, tidak hanya embung tetapi juga infrastruktur lainnya," jelasnya.