Padil Karsoma Tekankan Pentingnya Sarana Olahraga Pedesaan untuk Kesehatan Warga

MONITOR Purwakarta – Calon Bupati Purwakarta, H. Padil Karsoma menyampaikan pentingnya penyediaan sarana dan prasarana olah raga di desa-desa. Jargon mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga yang pernah populer di era orde baru perlu dihidupkan kembali.

Menurut Padil, dengan berolahraga maka badan akan sehat sehingga menjadikan olah raga sebagai gaya hidup dengan sendirinya akan membuat rakyat sehat. Untuk bisa berolahraga penting dibangun sarananya. Karena itu pasangan Padil Karsoma – Acep Maman akan menjadikan pembangunan sarana olah raga pedesaan sebagai rencana penting.

Padil Karsoma menjelaskan, pernah pada masanya dahulu, setiap desa wajib memiliki lapangan sepak bola, ini bisa kembali dihidupkan. Kini sarana olah raga bisa dibangun dengan terintegrasi, bisa ada sarana atletik, sepak bola dan jenis olah raga lainnya.

“Kita akan bangun sarana itu, tentu bisa bertahap. Tetapi prinsipnya harus ada sarana olah raga. Kita akan jadikan syarat desa teladan. Jadi desa teladan harus punya sarana olah raga untuk rakyat,” ujarnya saat menghadiri temu publik dengan warga Kampung Cibarengkok, RT 08 RW 04, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Purwakarta, Senin (5/3).

Padil menambahkan, pernah ada tradisi olahraga yang begitu populer di Indonesia. Ada lari pagi, ada senam kesehatan jasmani dan lain sebagainya. Semua itu bagus untuk kesehatan. Menurutnya agar angka harapan hidup naik maka rakyat harus sehat. Hidup sehari-hari harus bersih dan sehat.

“Membiasakan cuci tangan sebelum makan; membiasakan minum air hangat setelah makan dan sejenisnya akan menjaga kesehatan kita. Jadi kalau rakyat sehat maka angka harapan hidup akan naik,” ujarnya.