Padil Karsoma Tegaskan Pembangunan Desa Sebagai Prioritas Utama

MONITOR Jakarta – Mantan Sekda Purwakarta Padil Karsoma yang merupakan calon Bupati usungan PDI Perjuangan dan PPP menyampaikan pentingnya membangun desa secara serius, berkelanjutan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

Menjadikan desa sebagai tempat yang aman, nyaman dan sejahtera adalah harapan semua pihak. Demikian inti pembicaraan birokrat senior Purwakarta ini saat didaulat narasumber dalam diskusi “Membangun Desa Adil dan Aman: Share Pengalaman Tokoh Pembangunan”, yang digelar di Purwakarta, Rabu (7/3).

Padil Karsoma yang berjanji hanya akan menjabat satu periode, jika terpilih dalam pilkada 2018 ini, menegaskan bahwa membangun desa adalah syarat utama menyejahterakan Purwakarta.

“Kalau desa-desa dibangun dengan benar, baik infrastruktur maupun ekonominya, kota akan maju. Percuma kita punya pagar seragam dan bagus juga patung-patung jika desa-desa banyak yang tertinggal. Jalannya buruk, jembatannya ambruk. Itu namanya timpang. Mengatasi ketimpangan inilah yang sekarang menjadi prioritas kita,” ujarnya.

Padil Karsoma menyatakan adanya program dana desa yang sekarang sudah berjalan harus benar-benar dikontrol penggunaannya berdasar skala prioritas yang dirumuskan secara partisipatif. Jangan dana desa malah dimanfaatkan oknum untuk kepentingan politik. Penduduk desalah yang tahu apa kebutuhan urgen untuk menopang ekonomi mereka.

“Apakah jalan poros desa, jembatan penghubung antara sentra pertanian atau sarana lainnya. Tetapi yang terpenting adalah program pembangunan desa harus disupport oleh pemerintah,” ungkapnya.

Di akhir paparannya, Padil Karsoma  meyakinkan bahwa membangun desa adalah program utamanya. “Saya akan keliling ke desa-desa, bangun atau perbaiki jalannya. Listrik desa harus jadi prioritas. Semua hal, perlahan tapi pasti disesuaikan dengan anggaran yang ada, desa-desa akan kita majukan,” pungkasnya.