Menteri KKP Ajak Generasi Muda Bangun Kemandirian

MONITOR, Yogyakarta – Generasi muda diharapkan mampu membangun jiwa kemandirian sejak dini serta berpikir maju untuk masa depan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, saat menjadi pembicara pada acara Lustrum XII SMA 1 Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Sabtu (16/12).

"Mandiri dalam pengertian saya adalah kita harus `liberate our mind` (membebaskan pikiran kita) dulu," tegas Menteri Susi.

Dalam sambutannya, Susi yang juga alumni SMA 1 Yogyakarta mengaku telah membangun kemandirian sejak dirinya masih duduk di bangku SMA 1 Yogyakarta. Mandiri, dalam kaca mata Susi harus diawali dengan membangun jiwa yang merdeka.

"Kita harus membebaskan diri kita dulu dari hal-hal yang menekan kita dan menjadikan pribadi yang ragu-ragu," kata Susi di hadapan ratusan alumni dan siswa SMA teladan di Yogyakarta ini.

Menurut dia, berbagai pencapaian di bidang usaha perikanan, pendirian Maskapai Susi Air, hingga beragam kebijakan kelautan yang dimunculkan selama ini adalah buah dari pola berpikir mandiri yang dilandasi kebebasan berpikir sejak dini.

"Mau kerja pun kalau pikiran kita tidak bebas kita tidak akan bisa ke mana-mana. Makanya harus berpikir bebas dulu dan itu keyakinan dalam diri saya. Saya dulu berpikiran kalau tidak mau terlalu diatur bapak ibu saya, ya saya harus cari duit sendiri" terangnya.

Meski mandiri dan merdeka, menurut dia, generasi muda saat ini harus sudah memliki perencanaan serta berpikir matang untuk kemajuan di masa depan.

"Merencanakan masa depan dan bekerja untuk masa depan," demikian Menteri Susi.