Kembangkan Layanan e-Samsat, Pemprov Banten Gandeng BJB

MONITOR, SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta Bank Jabar Banten (BJB) untuk bermitra dengan Pemprov Banten dalam peyelenggaraan e-samsat yang diselenggarakan Badan Pendapatan Daerah.

Bergabungnya BJB diharapkan dapat memperluas jangkauan pelayanan e-samsat Pemprov Banten, yakni kepada wajib pajak Pemprov Banten yang  menjadi nasabah BJB.

"Pemprov Banten baru-baru ini juga sudah meluncurkan e-samsat, dengan bergabungnya BJB sebagi mitra kami dalam penyelenggaraan e-samsat ini pastinya akan semakin memudahkan wajib pjk di Banten," kata Wagub saat memberikan sambutan dalm acara halal bihalal Bank BJB Kanwil IV di Hotel Ratu, Kota Serang, Rabu (19/7).

Secara spesifik Wagub juga mengungkapkan jika kerjasama dimaksud adalah meliputi pertukaran teknologi informasi dalam pelayanan e-samsat, dimana BJB telah memiliki pengalaman yang lebih banyak dan lebih lama terkait hal itu. "Kami tahu, BJB telah lama bermitra dengan Pemprov Jabar untuk urusan e-samsat dan hal-hal yang menyangkut pelayanan berbasis informasi teknologi ini," kata Wagub.

Lebih jauh, Wagub mengungkapkan, jika kerjasama tersebut terjalin, selain akan lebih memudahkan masyarakat wajib pajak di Banten dalam membayar pajak, hal tersebut juga akan berdampak signifikan terhadap target pendapatan pajak daerah Pemprov Banten.

Untuk diketahui,  Pemprov Banten melalui Badan Pendapatan Daerah telah meluncurkan e-samsat dengan menggandeng PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. (Bank Banten) 20 Juni lalu.

Melalui e-Samsat Banten ini, akan mempercepat dan mempermudah pelayanan bagi Wajib Pajak (WP) dalam membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank Banten. Selain itu, peluncuran e-Samsat Banten ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat guna membayar pajak daerah, khususnya PKB.