Jutaan Orang Daftar CPNS, Benny Tatung Ingatkan Pentingnya Berwirausaha

Benny Tatung, calon anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Selatan (Sumsel) II

MONITOR, Lahat – Benny Tatung, calon anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Selatan (Sumsel) II mengingatkan pentingnya berwirausaha. Hal ini diungkapkannya dalam menanggapi membludaknya jumlah pendaftar CPNS tahun ini.

“Ini menunjukkan masih sempitnya lapangan pekerjaan kita. Karena itu sangat penting menanamkan kesadaran pentingnya berwirausaha kepada masyarakat,” ujar Benny saat dimintai keterangannya di Lahat, Sumsel, Senin (5/11).

Pengusaha yang maju dari Partai Golkar ini mengamati jumlah pendaftar CPNS yang mencapai angka 4,4 juta orang, sementara yang diterima hanya 125 ribu orang.

“Artinya hanya 3-4 persen saja yang diterima. Sisanya bagaimana? Ini tugas kita bersama. Tidak mudah memang membangun kesadaran baru, namun kita harus bekerja keras,” lanjutnya.

Namun Benny mengungkapkan spirit entrepreneurship mungkin masih merupakan hal yang baru di kalangan masyarakat, berkaca dari pola pendidikan mayoritas keluarga di Indonesia.

“Sejak kecil dulu mungkin kebanyakan orangtua kita mengarahkan untuk jadi dokter, polisi, tentara, dan seterusnya. Sejak sekarang harus kita tanamkan sejak dini. Baik di sekolah-sekolah, instansi pemerintahan, masyarakat biasa, hingga orangtua atau lingkungan keluarga,” tandas Benny yang juga mantan Ketua Tim Penerbit Buku Sumsel Membangun.