UGM Turunkan Tim Untuk Berikan Pemeriksaan Gratis Pada Warga Temuwuh

MONITOR, Sleman – Tim Residen mata UGM bersama Satgas TMMD Reguler Ke-103 menggelar bakti sosial dengan periksa mata gratis dan pembagian kacamata gratis bagi para pelajar, di SDN Balecatur, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, diharap pelajar diingatkan agar menjaga kesehatan matanya.Sabtu (03/11/18)

Ketua Tim Residen mata UGM Dr.Amanda mengatakan dalam rangka mendukung program TMMD Reguler Ke-103 Kodim 0732/Sleman Tahun 2018 , pihaknya mengadakan bakti sosial. “Sebanyak 120 Pelajar diperiksa kesehatan matanya, nanti kami sediakan 80 kacamata gratis,” ungkap Dr.Amanda.

Menurutnya, kegiatan itu sebagai bagian dari kontribusi sosial pada siswa agar menjaga kesehatan matanya. Ia mengatakan pihaknya memilih siswa setingkat SD dan SMP karena pada masanya kesehatan mata mulai dipengaruhi pemakaian gawai.

“Kami memilih tingkat SD dan SMP, karena mulai tingkat itu mereka mulai menggunakan laptop juga handphone, kesehatan matanya juga akan dipengaruhi itu. Maka secara dini kita periksa untuk melihat kondisi matanya bagaimana,” jelas Dr.Amanda.

Dr.Amanda mengungkapkan setelah dilakukan pemeriksaan, apabila mata siswa di atas minus satu maka akan diberi kacamata. Sementara, apabila masih minus setengah hanya akan diedukasi. Siswa akan disortir sesuai kebutuhan. Siswa yang paling membutuhkan kacamata yang akan diberikan kacamata gratis.

Menurut Amanda beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan mata terganggu salah satunya jarak baca. Menurutnya siswa harus memperhatikan kesehatan mata dengan tidak membaca dengan posisi tiduran dan pada kondisi gelap.
Ketua penyelenggara Kapten Inf Wahyudi mengatakan dengan adanya pemeriksaan mata bagi siswa, akan bermanfaat dan membantu terutama bagi siswa yang tidak mampu untuk memeriksakan matanya.
“Harapan kami ke depan anak-anak sudah bisa membaca menulis dengan seksama. Yang tidak mampu beli kacamata bisa mendapat kacamata dengan gratis,” ungkap Kapten Inf Wahyudi. (Zhoel)