Survei : Mayoritas Pemilih Jokowi di Jateng Tak Pilih Ganjar-Taj Yasin

MONITOR, Jakarta – Focus Survei Indonesia (FSI) meliris hasil survei yang dilakukan pada 2 Juni hingga 14 Juni 2018 jelang pilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, khususnya terhadap masyarakat Jawa Tengah (Jateng).

FSI mengklaim, jika dari hasil survei ditemukan bahwa para pemilih Joko Widodo pada Pilpres 2014 mayoritas memilih pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sudirman Said- Ida Fauziyah.

“Dari sebaran respoden sebanyak 79,2 persen pemilih yang pernah ikut memilih Jokowi pada Pilpres 2014, saat disurvei sebanyak 60,9 persen memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah ,sedangkan yang memilih Ganjar Pranowo -Taj yasin hanya sebanyak 30,2 persen,” kata Direktur Survei FSI, Andre Gunawan, Jumat (22/6).

Sedangkan para responden yang memilih Prabowo Subianto pada saat Pilpres 2104, sebut dia, sebanyak 79,2 persen mengaku akan memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dan sebanyak 12,7 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo -Taj Yasin.

Sementara itu, dalam survei yang dilakukan juga memperlihatkan bagaimana demografi pemilih di Pilgub Jawa tengah yang diikuti dua pasangan calon atau head to head tersebut.

“Dimana pemilih yang berdasarkan profesi, 38,1 persen ibu rumah tangga menyatakan memilih pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin , dan 49,4 persen memilih Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah,” ucap Andre.

Pada tingkatan profesi petani, peternak dan nelayan sebesar 52,7 persen memilih Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, sedangkan 38,7 persen memilih Pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin.

“Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah juga unggul untuk pemilih kalangan pengusaha dan wiraswasta yakni 47,83 persen. Sedangkan 42,03 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin,” tandas dia.

Untuk diketahui, survei FSI ini setidaknya melibatkan1.466 orang warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan 6 kota se Jawa Tengah.

Penentuan jumlah sample mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jawa Tengah di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125. dengan margin eror kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.