Sistem Multiple Cropping Dongkrak Hasil Panen Bawang Daun dan Tomat

MONITOR, Tegal – Panen perdana PT Karunia Alam Segar dan PT Prakarsa Alam Segar yang digarap oleh kelompok tani Berkah Tani kurang dari 50 orang dihadiri oleh Manajemen PT Wings dan Kepala Dinas Pertanian KP Kabupaten Tegal dengan jajaran dilaksanakan di Desa Tuwel Tegal kaki Gunung Slamet, Rabu (30/5/2018).

Varietas yang ditanam adalah sangga sembalun system multilple cropping seluas 0.25 ha umur 105 hari mengawali panen kerjasama PT Wings dengan kelompok tani pertanaman seluas 67 ha. Hasilnya, kurang lebih 12 ton bawang daun dan tomat basah per ha dihasilkan.

Salah satu penggiat bawang putih Tegal Ahmad Maufur didmpingi sesepuh masyarakat Tuwel H Khamdan dan H Hakim menyampaikan rasa syukur karena panen saat ini bagus dimusim yang masih ada hujan ini.

“Alhamdulillah Panen saat ini sangat istimewa. Meski masih ada hujan, namun hasil panennya bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Ir Khofifah MM didampingi Manajemen PT Wings Stevanus Nathanail dari Surabaya yang melaksanakan panen simbolis berharap petani terus bersemangat dan berharap panen seterusnya juga bagus terus.

Dalam Kesempatan tersebut, Khofifah juga berpesan kepada kelompok tani yang sudah menjadi percontohan nasional dalam hal penerapan Geotagging dan Registrasi lahan terus dilaksanakan sosialiasanya kepada masyarakat lainnya.

“Sosialisasi penerapan Geotagging dan Registrasi lahan harus terus dilakukan dan menjangkau Masyarakat lainnya karena sangat memudahkan pemantauan dan pengendalian pertanaman,” tandasnya.