Sambil Menyelam Minum Air, Anggota Satgas TMMD Belajar Cara Beternak Burung Pada Warga

MONITOR, Sleman – Di sela-sela kegiatan TMMD di Desa Bakecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, Serda Hartono meluangkan waktu saat istirahatnya dengan melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial) sekaligus silaturahmi di rumah warga. Kamis 08-11-2018.

Pada kesempatan yang baik ini di manfaatkan oleh salah satu Anggota Satgas TMMD untuk mengunjungi salah satu rumah warga yang kebetulan pemilik rumah memiliki usaha ternak burung lovbird , Suranto (27 tahun) warga Dukuh Temuwuh Rt 3 Rw 32 Desa Balecatur, Gamping.

Kepada Serda Hartono, Suranto menjelaskan, Lovebird secara fisik memang jenis burung yang mengagumkan, karena warnanya yang cerah dan sedap dipandang. Kerbanyakan, warna dari jenis burung ini dominan hijau terang, meski ada beberapa yang berwarna biru maupun abu-abu atau kuning. Warna bulu badan mereka akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala.

“Hal inilah yang membuat lovebird memanjakan mata karena kecerahan dan keindahan warna bulu mereka,” ujarnya.

Selain sebagai hobi, ternyata ternak burung jenis ini bisa mendapatkan untung dan dapat mencukupi kebutuhan keluarga,

Suranto melanjutkan, “namanya usaha pasti bervariasi, sifatnya naik turun, tapi yang kami rasakan banyak untungnya dan bisa menambah kebutuhan rumah tangga,”tuturnya.