Rumah Warga Tidak Mampu Sudah Berubah Dari Kondisi Semula

MONITOR, Sleman – 17 Koramil jajaran Kodim 0732/Sleman telah memaksimalkan tugasnya membongkar rumah-rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga Desa Balecatur Kecamatan Gamping, sejak dicanangkan TNI-Masyarakat Membangun Desa (TMMD) Reg 103 Tahun 2018, 15 Oktober lalu.

Kini di minggu ke 4 , Kamis (08/11/2018) ada 7 RTLH milik warga tidak mampu sudah berubah dari kondisi semula. rata-rata menurut Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro sudah hampir selesai pemugarannya. “Kira-kira sudah 90 persen, tinggal pengecatan dan beberapa ada yang tinggal pasang keramik,” ungkap Dandim.

Kecepatan dalam merehab rumah yang semula tidak layak huni menjadi layak huni tersebut cukup cepat karena sistem yang digunakan dengan mengerahkan semua Satgas yang ada untuk menangani tiap proyek bedah rumah.Satu rumah ada yang ditangani 5 orang, sehingga pembangunannya sangat cepat dan efisien.

Danramil Gamping, Mayor Arh Sugeng selaku yang ketempatan sasaran TMMD mengatakan keterlibatan masyarakat dalam membantu TMMD ini cukup antusias. “Mereka sadar bahwa proyek pembangunan melalui TMMD ini sangat menguntungkan dalam memajukan wilayah mereka, di Desa Balecatur.Karena dengan TMMD ini beberapa sarana yang semula tidak memenuhi standar kualitas karena kerusakan, justru diperbaiki dan menjadi lebih baik.Contohnya sarana jalan umum, Talud jalan, sarana ibadah, dan adanya rumah tak layak huni milik keluarga tak mampu. Semua diperbaiki dengan cara kebersamaan,” ungkap Mayor Arh Sugeng, Kamis (08/11/2018).

Selain pembangunan infrastruktur dan rehab rumah tak layak huni, TMMD juga menggelar beberapa kegiatan edukasi seputar kesehatan masyarakat, hukum dan kamtibmas, termasuk bahaya narkoba.

Untuk anak-anak juga digelar outbound alam, dimana anak-anak sekitar lokasi TMMD diajak bermain dengan materi edukatif untuk menumbuhkan rasa persaudaraan dan kerjasama kelompok melalui permainan.

TMMD Reg 103 Tahun 2018 terselenggara atas kerjasama Kodim 0732/Sleman dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.