Dengan Di Bangunnya Talud Jalan Akan Meningkatkan Ekonomi Warga Temuwuh

MONITOR, Sleman – Temuwuh merupakan nama sebuah dusun terpencil di Kecamatan Gamping, yang masuk wilayah Kabupaten Sleman. Suasana desa yang masih sangat asri dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota terlihat jelas di sana. Desa yang berlokasi kurang lebih 25 kilometer arah timur dari Kabupaten Sleman, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Sebagai salah satu desa penghasil pertanian masyarakat Temuwuh ingin setiap musim panen dapat segera menjual hasil pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti biaya pendidikan, membeli sembako dan sebagainya.Jalan yang bagus merupakan salah satu harapan dan impian agar mereka dapat lebih mudah dan cepat dalam membawa hasil panen menuju pasar.

“Masyarakat di sini kalau lewat jalan ini harus pelan-pelan dan hati-hati, karena sudah banyak batu yang lepas dan waktu hujan sangat licin.Apalagi kalau membawa beban berat hasil panen, mereka harus lebih berhati-hati,” kata Kepala Desa Balecatur Hj Sebrat Haryanti, Minggu (04/11/2018).

Warga berharap dengan adanya pembangunan infrastruktur didusun temuwuh akan setara dengan kampung yang lain.

Secercah harapan itu mulai tampak di depan mata warga Desa Balecatur. Melalui Program TMMD Reguler-103 Kodim 0732 Sleman,Pembangunan infrastruktur pembuatan talud,corblok jalan penghubung antar kampung sudah mulai menunjukan hasil.

Danramil Gamping  saat memimpin pembuatan talud menuturkan, kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk mewujudkan mimpi masyarakat dan menggugah semangat mereka untuk bangkit dari keadaan. “Kami ingin cepat-cepat selesai, harapannya ke depan Balecatur menjadi desa yang maju setara dengan desa-desa lain di Kabupaten Sleman dan kehidupan masyarakatnya lebih nyaman dan lebih sejahtera,” katanya.

TNI hanya membantu mewujudkan keinginan masyarakat tersebut bekerja sama dengan Pemda dan unsur-unsur terkait lain agar terjadi pemerataan pembangunan hingga ke pelosok desa. Harapannya ke depan desa-desa tersebut menjadi lebih maju dan setara dengan desa-desa lainnya, dan masyarakatnya dapat lebih sejahtera.