Perpadi Dukung Penuh Percepatan Serap Gabah

MONITOR, Bandung – Dalam rangka percepatan Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) di Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Selasa (24/4).

Rakor menyepakati, serapan gabah/beras perlu dimaksimalkan mencapai 70% hingga bulan Juni dari total target Jawa Barat tahun 2018 sebesar 290.664 ton beras.

Upaya percepatan akan dimaksimalkan hingga sebelum memasuki bulan Ramadhan, mengingat besarnya panen pada bulan April 2018 seluas 190.711 ha.

Dari laporan Perum Bulog pada 23 April, Jawa Barat menyerap 3.550 ton beras, jauh lebih besar dari target harian yang diberikan yaitu 1.615 ton.

Agung mengapresiasi keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja bersama seluruh pihak antara lain Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Perum Bulog, TNI, dan Perpadi yang juga sudah bergabung.

“Saya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya atas capaian Jawa Barat dalam melaksanakan Sergab, khususnya TNI dan Perpadi,” kata Agung.

Sementara itu Ketua Perpadi (Persatuan Perusahaan Penggilingan Padi) Daerah Jawa Barat Ermaya menyampaikan, jajarannya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah baik melalui kerja sama dengan Bulog maupun TNI.

“Perpadi siap mendukung pemerintah mengisi cadangan dan kebutuhan Rastra.” Ujar Ermaya.

Menurut Ermaya, Perpadi berharap kegiatan Sergap bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani.

Selain rakor, Agung juga mengunjungi penggilingan padi PB Putra Sunda di Desa Bojongsoang – Bandung. Menurut Akbar, pihaknya telah menyepakati kontrak sebesar 5% dari jumlah produksi untuk dijual kepada Perum Bulog Divre Jawa Barat sebagai Rastra dan CBP.