Iwan Bule : Apa Mungkin Saya Mencoreng Muka Sendiri

MONITOR, Bandung – Ditengah segala kontroversi, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Komjen (Pol) Mochamad Iriawan akhirnya resmi menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat usai dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Senin (18/6/2018).

“Saya sudah berdinas di Polri sejak 1984 dan sekarang saya hampir di penghujung karier saya. Apa mungkin saya mau mengorbankan atau menghancurkan karier saya di Polri yang sudah dengan susah payah saya titi selama hampir 34 tahun Sebagai putra daerah (Kuningan, Jabar) apa mungkin saya mencoreng muka saya sendiri di depan para sesepuh Jabar, dan rakyat Jabar?” Katanya di Bandung, Senin (18/6).

Iwan menambahkan jika dirinya juga ingin mengukir nama baik dan sukses sebagai penjabat gubernur Jabar. Melayani masyarakat sebaik mungkin, mensukseskan Pilkada dan menjaga netralitas aparatur di Jabar.

“Bagaimana caranya saya tidak netral?¬† Apakah dengan cara saya menggerakan komponen yang ada di Jabar untuk memenangkan salah satu pasangan calon tertentu? Kalau itu saya lakukan, pasti akan bocor dan ramai. Sangat besar risikonya untuk jabatan dan karier saya,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi polemik pelantikan dirinya yang dipersoalkan banyak pihak, Iwan mengatakan penunjukan dan pengangkatan dirinya sudah sesuai perundangan dan ketentuan yang berlaku.

“Saya ditunjuk dan diangkat sebagai penjabat gubernur tentu sudah sesuai perundangan dan ketentuan yang berlaku. Saya juga mengharapkan¬† dukungan dan masukan dari para sesepuh Jabar. Saya kan putera daerah, sudah sepantasnya saya menghormati para sesepuh Jabar,” tuturnya.

“Saya tahu undak usuk (tatakrama). Saya sudah sepantasnya tahu diri, mendengarkan dan belajar dari pengalaman mereka. Saya¬† berjanji akan menjaga nama naik diri, keluarga, Polri, dan tentu saja rakyat Jabar,” tandasnya.